DKP3A Melaksanakan Fasilitasi Forum KRR

ist

SAMARINDA - Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim gelar Forum Pelayanan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) Bagi Kelompok Remaja dan Kelompok Sebaya di Luar Sekolah Tahun 2019.

Kegiatan bertema Pembinaan Remaja dan Penyiapan Kehidupan Berkeluarga dilaksanakan di Aula Universitas Widya Gama Mahakam (UWGM) Samarinda, Selasa (14/5/2019).

Data Kependudukan Bersih Kemendagri menyebutkan jumlah anak usia dibawah 17 tahun di Kaltim yang sudah menikah per Desember 2018 sebanyak 231 orang atau laki-laki 19 orang dan perempuan 212 orang.

Data tersebut diungkapkan Kepala Bidang Pengendalian Penduduk dan KB DKP3A Sihabudin saat mewakili Kepala DKP3A Hj Halda Arsyad.

Sihabudin mengatakan remaja adalah calon aktor (pelaku) masa depan lebih baik dalam pembangunan dan mereka akan memasuki fase berkeluarga (berumahtangga). Dimana laki-laki dan perempuan menjadi pasangan suami istri bahkan orangtua dari generasi berikutnya.

Karenanya, perlu upaya-upaya dan langkah nyata lembaga/instansi terkait untuk mempersiapkan remaja menjadi keluarga yang berkualitas dan terencana.

Menurut dia, kegiatan fasilitasi forum KRR sebagai upaya merespon kondisi remaja saat ini sekaligus meningkatkan pemahaman serta membangun ketahanan remaja.

"Fasilitasi forum KRR untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan prilaku positif remaja tentang kesehatan reproduksi dan penyiapan kehidupan berkeluarga," katanya.

Kegiatan diikuti 100 peserta dihadiri jajaran rektorat UWGM Samarinda dan pejabat Dinas Pengendalian Penduduk dan KB Samarinda.

Fasilitasi forum satu hari ini menghadirkan narasumber Perwakilan BKKBN Kaltim, Dinas Dalduk KB Samarinda dan psikolog.

Kegiatan digagas DKP3A Kaltim difasilitasi Dinas Dalduk KB Kota Samarinda dan UWGM Samarinda diikuti  PIK Remaja Jalur Masyarakat dan PIK Mahasiswa UWGM, Unmul, Untag, UMKT, IAIN, Akademi Kebidanan serta perwakilan PLKB kecamatan. (yans/her/humasprovkatim)

Berita Terkait
Government Public Relation