DKP3A Siap Launching Puspaga

Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim melaksanakan rapat persiapan Launching Puspaga di ruang rapat DKP3A Kaltim (yayan/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Dalam rangka percepatan layanan Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga), Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempan dan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim melaksanakan rapat persiapan Launching Puspaga di ruang rapat DKP3A Kaltim, Rabu (28/8/2019).

Sekretaris DKP3A Kaltim Zaina Yurda mengatakan Puspaga merupakan bentuk layanan pencegahan di bawah koordinator DKP3A Kaltim. Sebagai wujud kepedulian negara dalam meningkatkan kehidupan keluarga dan ketahanan keluarga.

Khususnya, melalui program pendidikan/pengasuhan, keterampilan menjadi orangtua dan melindungi anak, kemampuan meningkatkan partisipasi anak dalam keluarga maupun penyelenggaraan program konseling bagi anak dan keluarga.

“Puspaga sebagai tempat pembelajaran untuk meningkatkan kualitas kehidupan menuju keluarga sejahtera yang dilakukan oleh tenaga profesional,” ujarnya.

Tenaga profesional tersebut, lanjut Yurda, seperti tenaga konselor baik psikolog atau sarjana profesi bidang psikologi. 

Bimbingan Konseling dilakukan pekerja sosial yang telah memahami Konvensi Hak Anak melalui peningkatan kapasitas orang tua/keluarga yang bertanggung jawab terhadap anak dalam mengasuh dan melindungi anak dari kekerasan, eksploitasi, perlakuan salah, dan penelantaran.

Hal ini merupakan salah satu unsur prioritas dalam pelaksanaan kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak (KLA).

Yurda menyebutkan launching direncanakan pekan mendatang atau 2 September. “Kita jadwalkan dapat dihadiri Gubernur Kaltim,” harapnya.

Direncanakan, Launching dirangkai dengan pengukuhan pengurus Puspaga Kaltim dan pendatangan kerjasama antara DKP3A Kaltim dengan Ikatan Psikologi Klinis (IPK) Kaltim dan Forum CSR Kaltim.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation