DKPP-PA Dukung Command Center

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim telah memiliki fasilitas command center. Penyiapan sarana ini dalam upaya mewujudkan kemandirian teknologi informasi dan komunikasi (TIK)  secara bertahap dan berkesinambungan, sekaligus tata kelola yang berorientasi pada efeisiensi dan efeketifitas kerja yang lebih baik.

 

Kepala Dinas Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKPP-PA) Provinsi Kaltim Ir Halda Arsyad  sangat mendukung karena dengan fasilitas ini seluruh data dari kabupaten dan kota akan tersambung, termasuk jika terjadi kekerasan terhadap perempuan maupun anak, cukup dengan membuka command center. "Kalau dulu laporan data-data kekerasan sangat lambat dari kabupaten/kota. Fasilitas command center akan mempermudah kami untuk memantau dan mendapatkan laporan dari kabupaten dan kota, karena semuanya sudah terkoneksi semua," kata Halda Arsyad, belum lama ini.

 

Ditambahkan dengan keberadaan command center, semua data bukan saja kekerasan terhadap perempuan dan anak, tetapi juga data lainnya seperti kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), kekerasan seksual, hingga penelantaran anak, semua tersedia. Selain itu,  kecepatan dan keakurasian laporan data  dari  kabupaten/kota juga terjamin dan terkoneksi dalam aplikasi command center,  termasuk  data-data perekaman e-KTP dari kabupaten/kota. "Oleh karena itu, keberadaan command center sangat bermanfaat dalam  penyimpanan dan percepatan laporan data-data dari kabupaten/kota, karena data yang tersimpan pada command center bukan hanya data dari DKPP-PA, tetapi juga data-data dari seluruh OPD," kata Halda.

 

Ditambahkan,  langkah  yang telah dilakukan Pemprov Kaltim  membangun  fasilitas command  center  merupakan  langkah yang cepat, tepat dan akurat agar dapat diambil kebijakan yang tepat dalam dinamika masyarakat yang bergerak sangat cepat. "Sistem informasi yang terintegrasi dan  tersedia setiap saat dengan data akurat itu adalah sebuah kebutuhan.  Dan itu sangat  membantu Pemprov Kaltim dalam mempromosikan potensi-potensi sumber daya yang dimiliki melalui  satu sumber  data  yang terkoneksi  yaitu command center," papar Halda. (mar/sul/ri/humasprov)

 

Berita Terkait