DKPPPA Gelar Bimtek SIMFONI PPA

Peserta Bimtek Simfoni PPA Kaltim. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

SAMARINDA -  Sistem Informasi Online (Simfoni) Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) guna penyediaan data dan informasi melalui sistem yang terintegrasi secara regional bahkan nasional dengan memanfaatkan teknologi informasi. Untuk menyiapkan sumber daya pengelola Simfoni PPA, maka Dinas Kependudukan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DKPPPA) menggelar bimbingan teknis.

 

“Selama ini data kekerasan dari kabupaten dan kota sulit kita peroleh. Nah melalui Simfoni PPA ini maka semua data bisa kita akses baik data di daerah maupun nasional,” kata Kepala DKPPPA Kaltim Hj Halda Arsyad usai membuka Bimtek Simfoni PPA, Senin (2/10). Menurut dia, bimtek selain meningkatkan kemampuan dan keterampilan pengelola data kekerasan juga evaluasi kinerja petugas data di kabupaten dan kota.

 

Ke depan, melalui Simfoni PPA maka data kekerasan terhadap perempuan dan anak menjadi data tunggal yang lebih objektif, representatif dan relevan. “Sehingga data Simfoni PPA akan renewable dan andal khususnya dipakai sebagai acuan dalam mengambil kebijakan terkait kekerasan terhadap perempuan dan anak,” harap Halda.

 

Sementara itu  Kepala Bidang Sistem Data Gender dan Anak Hj Farida Hydro Foilyani menjelaskan bimtek diisi materi kebijakan Kementerian PPPA tentang sistem informasi gender dan anak (SIGA) serta evaluasi data Simfoni PPA.    Kegiatan yang dilaksanakan selama tiga hari (2-4 Oktober) diikuti 56 peserta terdiri pengelola data Dinas PPA, P2TP2A, rumah sakit dan unit pelayanan provinsi serta kabupaten dan kota. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait