DLH Kembali Lakukan Penilaian Proper

REZA INDRA RIADI

SAMARINDA - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Kaltim H Riza Indra Riadi mengatakan dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup se-Dunia 2018, DLH Kaltim melakukan penilaian Program Peringkat Kinerja Perusahaan (Proper) kepada Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu Bara (PKP2B) dan Ijin Usaha Pertambangan (IUP) bidang lingkungan hidup, industri dan jasa, HPH dan perusahan kelapa sawit serta penilaian Sekolah Adiwiyata serta penilaian Kalpataru. 

Untuk penilaian Proper tahun ini, lanjut Reza diikuti hampir 300 perusahaan,  100 sekolah lebih. Ada pula penghargaan  perorangan  yang berjasa  di bidang lingkungan  seperti  penjaga lingkungan dan pemerhati lingkungan akan diberikan penghargaan Kalpataru sebanyak 4 orang.

"Pengumuman dan penyerahan anugerah Proper, Sekolah Adiwiyata dan Kalpataru akan dilaksanakan pada puncak peringatan Hari Lingkungan Hidup se-Duia 2018. Sedangkan mereka yang berhasil meraih penghargaan Kalpataru nantinya juga akan dinominasikan ke tingkat nasional untuk mewakili provinsi. Penyerahan Proper rencana  pada Hari Kamis (7/6) di Gedung Olah Bebaya Samarinda," kata Riza Indra Riadi di Kantor Gubernur, Selasa (5/6).

Reza menambahkan,  perusahaan yang mendapatkan peringkat merah, kiranya bisa lebih serius lagi untuk melakukan perbaikan dan pengelolaan lingkungan mereka. Jangan sampai turun menjadi hitam. 

Sedangkan kepada perusahaan yang mendapatakan peringkat emas diminta agar terus meningkatkan kualitas dan tidak turun peringkat menjadi biru, hijau apalagi sampai peringkat merah dan hitam.

"Oleh karena itu, jangan sampai  saking senangnya mendapatkan peringkat emas, lalu lupa dan mengabaikan hal-hal yang sudah dilakukan sebelumnya. Peringkat yang sudah didapat kiranya bisa terus ditingkatkan. Jangan sampai turun dari peringkat sebelumnya," pesan Reza. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait