DPMPD Akan Gelar Lomba Kelurahan se Kaltim

Jauhar Efendi

SAMARINDA - Setelah sukses menyelenggarakan cerdas cermat tingkat desa se Kaltim beberapa waktu lalu, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim kembali menyelenggarakan lomba Kelurahan se Kaltim. Kepala DPMPD Kaltim Mohammad Jauhar Efendi mengatakan lomba desa dan kelurahan merupakan salah satu agenda tahunan pemerintah Indonesia yang dilaksanakan Direktorat Jenderal Bina Pemdes Kementerian Dalam Negeri yang bertanggung jawab dalam tugas penyelenggaraannya.

Lomba kelurahan, lanjut Jauhar, jadwalnya akan disepakati dengan kabupaten dan kota yang sebelumnya melakukan penilaian dan seleksi di tingkat kecamatan. Setelah menentukan juara tingkat kabupaten dan kota , kelurahan terbaik akan mewakili ke tingkat provinsi. "Pelaksanaannya masih tetap sama dengan lomba desa, kabupaten dan kota melakukan penyeleksian tingkat kecamatan, setelah itu ditetapkan satu kelurahan sebagai perwakilan masing-masing daerah, untuk mengikuti penilaian di tingkat provinsi," tandasnya.

Jauhar Efendi mengharapkan penyelenggaraannya bisa bekerjasama dengan Bankaltimtara. Seperti saat pelaksanaan lomba cerdas cermat desa se Kaltim beberapa waktu lalu. "Selain Bankaltimtara, kita berharap ada kolaborasi dengan pihak lain. Sehingga penyelenggaraan lomba kelurahan nantinya sukses seperti lomba cerdas cermat desa beberapa waktu lalu," ujarnya.

Jauhar Efendi mengatakan aparat kelurahan dan desa merupakan perangkat daerah kabupaten/kota terdepan yang memberikan pelayanan kepada rakyat. Karena itu, perlu upaya peningkatan sumber daya manusia (SDM) yang prima. "Kita harapkan dengan lomba kelurahan, maka aparatur kelurahan dapat memahami tugas dan fungsi khususnya dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat semakin meningkat," kata Jauhar Efendi. (mar/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation