DPMPD Monitoring Penyaluran DD di Kukar

Jauhar Efendi

TENGGARONG – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melakukan monitoring dan evaluasi penyaluran Dana Desa (DD) di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Dengan melibatkan Kordinator Pendamping Provinsi (KPP) Kaltim beserta Tenaga Ahli (TA) Kabupaten Kukar, DPMPD mengunjungi Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta bertemu Asisten I Sekkab Kukar untuk mengetahui masalah yang menyebabkan keterlambatan penyaluran DD di Kukar.

“Intinya melakukan monitoring dan evaluasi dalam rangka percepatan DD dari Rekening Kas Umum Daerah (RKUD) ke Rekening Kas Desa (RKD). Sebab dari tujuh kabupaten baru Kukar yang belum melakukan penyaluran,” kata Kepala DPMPD Kaltim M Jauhar Efendi di Samarinda, Rabu (9/5).

Menurut Jauhar, Asisten I Sekkab Kukar Chairil Anwar sudah memberi perhatian terhadap lambatnya penyaluran DD. Pemkab Kukar bahkan berkomitmen akan melakukan percepatan. Hambatan yang menyebabkan keterlambatan penyaluran DD dari RKUD ke RKD dimaksud sudah dipahami. Karena itu, pemkab sudah menugaskan DPMD Kukar segera menyelesaikan hambatan tersebut. “Intinya Cuma dihambatan itu. Kalau bisa diselesaikan akan segera cair. Apalagi informasinya ada beberapa desa yang sudah melengkapi persyaratan penyaluran,” jelasnya.

Ke depan diharap permasalahan serupa tidak terjadi lagi baik di Kukar maupun kabupaten lain di Kaltim. Regulasi yang mengatur mekanisme penyaluran DD disebut tidak terlalu berat, sehingga daerah diharap tidak membuat peraturan yang sifatnya mengada-ada sehingga menjadi penghambat. Karena, progres pencairan DD menjadi tolok ukur kerja kabupatan dan pada akhirnya menjadi tolok ukur kerja Pemprov. Karena harus dipastikan penyaluran lancar.(jay/sul/humasprov)

Berita Terkait