DPMPD Pantau DD

Jauhar Efendi

SAMARINDA - Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (DPMPD) Kaltim melakukan monitoring, evaluasi dan pemanfaatan Dana Desa (DD). Peninjauan realisasi pemanfaatan DD dilkukan di Kabupaten Kukar, salah satunya pembangunan semenisasi di Kecamatan Kota Bangun.

Selain melakukan monitoring DD, momen ini sekaligus dimanfaatkan untuk berdiskusi dengan masyarakat dan perangkat desa yang dikunjungi. Monitoring dilakukan di sejumlah lokasi pembangunan desa yang menggunakan DD. Mulai, mengunjungi pembangunan irigasi pembuangan air di Desa Kota Bangun Ilir. Kemudian dilanjutkan meninjau pembangunan semenisasi jalan poros tengah Desa Sumber Sari.

"Kami bersyukur, sesuai monitoring di lapangan, penyaluran DD tahap I dan II lancar. Buktinya sudah direalisasikan untuk pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa," kata Kepala DPMPD Kaltim M Jauhar Efendi di Samarinda, Rabu (11/7).]

Bahkan Kecamatan Kota Bangun cukup membanggakan, karena pemanfaatan dana desa dilaksanakan menggunakan pola padat karya tunai dengan melibatkan masyarakat setempat sebagai pelaksana kegiatannya. 

Melalui pola ini, pembayaran pun dilakukan harian, sehingga memungkinkan mendorong perputaran ekonomi masyarakat setempat karena ada uang yang dibelanjakan. "Kita harapkan semua desa bisa kreatif memanfaatkan dana desa, sehingga tidak melanggar aturan perundang-undangan," jelasnya.

Monitoring ini juga akan dilakukan jajaran DPMPD Kaltim bukan hanya di Kukar, tetapi seluruh Kaltim. Mulai Kukar, Kutai Timur, Berau, PPU, Paser, Kutai Barat dan Mahakam Ulu. (jay/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait