Dua Jam, Dibuka Wapres

Gelar TTG N XVI diikuti 8 ribu peserta dari 34 provinsi

SAMARINDA–Perhelatan Gelar Teknologi Tepat Guna (TTG) Nasional XVI Tahun 2014 dipastikan akan dihadiri utusan dari 34 provinsi. Peserta yagn akan ikut memeriahkan even tahunan ini diperkirakan mencapai tujuh hingga delapan ribu orang.

Dalam rencana awal, Gelar TTG di Kaltim ini dibuka oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dirangkai dengan peresmian Bandara Internasional Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan Balikpapan, sekaligus meresmikan sejumlah proyek Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di Kaltim.

Namun karena Presiden melakukan kunjungan ke luar negeri,  maka terjadi perubahan dan kegiatan rutin Kementerian Dalam Negeri ini akan dihadiri Wakil Presiden Boediono bersama istri, Hj Herawati Boediono, Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi, serta beberapa menteri dan Kepala BPKP, Rizal Jalil.

Saat jumpa pers usai gladi bersih persiapan pembukaan Gelar TTG Nasional XVI di Stadion Madya Sempaja Samarinda, Asisten Pemerintahan Umum H Aji Sayid Fatur Rahman menegaskan tidak ada peresmian dalam rangkaian Gelar TTG Nasioal tersebut.

“Sejak awal dalam agenda Gelar TTG Nasional ini tidak digabung atau tidak dilaksanakan peresmian proyek. Peresmian rencananya nanti akan dilakukan pada saat peresmian bandara di Balikpapan oleh Presiden,” ujar Aji Sayid Fatur Rahman, Selasa (17/6).

Dijelaskannya kehadiran Wapres Bodiono bersama istri hanya sekitar dua jam  dan hanya untuk membuka Gelar TTG Nasional. “Jadi beliau (Wapres) tidak bermalam dan hanya membuka Gelar TTG Nasional, itupun waktunya hanya sekitar dua jam lebih,” ungkap Fatur.

Sementara itu Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kaltim HM Jauhar Effendi mengemukakan Gelar TTG merupakan teknologi yang sangat akrab dengan masyarakat pedesaan yang sederhana dan ramah lingkungan.

Selain itu, dalam beberapa kali Kaltim mengikuti ajang nasional tersebut telah mampu meraih prestasi membanggakan. “Kaltim dua tahun berturut-turut berprestasi. Tahun 2012 di Batam kita juara tiga untuk Pos Pelayanan Teknologi dan 2013 di Padang naik juara kedua,” ujar Jauhar.

Karenanya, pada ajang Gelar TTG Nasional tahun ini Kemendagri memberikan penghargaan kepada Gubernur Awang Faroek Ishak atas kepedulian dan dukungannya terhadap pengembangan TTG di daerah.

Ditambahkan, media peliputan lokal maupun nasional pada pembukaan Gelar TTG Nasional XVI Tahun 2014 di Stadion Madya Sempaja Samarinda pada Kamis (19/6) oleh panitia telah disiapkan 40 ID card di ring I (potografer dan cameramen).

Gladi bersih persiapan pembukaan  Gelar TTG Nasional di Stadion Sempaja Samarinda disaksikan Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi dan Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Dicky Wainal Usman dan Danrem 091 ASN Brigjen TNI Nono Suharsono serta jajaran Polda Kaltim. (yans/sul/hmsprov)

 

////FOTO :   Kepala BPMPD HM Jauhar Effendi (kanan) dan  Asisten Pemerintahan Aji Sayid Fatur Rahman (dua dari kanan) saat memberikan keterangan pers persiapan Gelar TTG Nasional XVI di Samarinda. (johan/humasprov)

 

Berita Terkait