Dukung Kesejahteraan Masyarakat

Peran Sekretariat PNPM-MPd

 

 

SAMARINDA- Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim HM Jauhar Efendi mengatakan sekretariat program nasional pemberdayaan masyarakat mandiri perdesaan (PNPM-MPd) sangat mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat di daerah, terutama di Kaltim.

Karena itu, penguatan administrasi, pertanggungjawaban keuangan dan penilaian kinerja fasilitator diperlukan di sekretariat. “Diharapkan, ke depan perangkat di sekretariat PNPM-MPd dapat memahami pengaturan administrasi yang ada, sehingga pelaksanaan PNPM-MPd berjalan dengan baik dan tepat sasaran,” kata Jauhar Efendi ketika dikonfirmasi usai pembukaan rapat koordinasi penguatan sekretariat PNPM-MPd se Kaltim 2014 di Samarinda, Kamis (20/2).

Guna mendukung itu, maka peran camat di masing-masing kabupaten dapat ditingkatkan, sehingga pelaksanaan PNPM berjalan baik dan lancar. Karena, apabila tidak ada kepedulian dari Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa, maka program tersebut tidak akan berjalan baik.

Karena itu, untuk mendukung pelaksanaan program PNPM di daerah, maka penguatan sekretariat PNPM-MPd se Kaltim dan Kaltara sangat diperlukan, sehingga pengetahuan dan pemahaman tentang pengaturan administrasi dan pengelolaan keuangan yang diberikan pemerintah dapat dikelola dengan baik dan tepat sasaran.

“Bantuan yang diberikan pemerintah, mulai Pemerintah Pusat, Kabupaten dan Provinsi tidak kecil, sehingga harus dikelola secara profesional oleh sekretariat PNPM-MPd se Kaltim dan Kaltara,” jelasnya.

Menurut dia, banyak hal yang perlu diperhatikan sekretariat PNPM-MPd, mulai pencairan hingga realisasi untuk pelaksanaan di lapangan diharapkan harus profesional, sehingga tidak terjadi penyimpangan.

Bahkan, apalagi Undang-Undang tentang Desa telah berlaku, yakni setiap desa akan menerima bantuan dana dari pemerintah pusat mencapai Rp600 juta. “Jadi, masalah ini harus diketahui dan dipahami, sehingga pelaksanaan di lapangan dapat berjalan baik dan tepat sasaran,” jelasnya.(jay/hmsprov)

 

Berita Terkait
Ciptakan Keluarga Kecil Berkualitas
Ciptakan Keluarga Kecil Berkualitas

22 Agustus 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Kaltim Terima BLSM Rp88,6 Miliar
Kaltim Terima BLSM Rp88,6 Miliar

12 Agustus 2013 Jam 00:00:00
Sosial

Reaksi Level II “Awang Faroek Cup III”
Reaksi Level II “Awang Faroek Cup III”

06 Oktober 2014 Jam 00:00:00
Sosial

Government Public Relation