Dukungan Pemprov dan Pemkab Sukseskan PNPM-MP Kaltim

SAMARINDA-Dukungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sangat diharapkan dapat membantu menyukseskan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri Perdesaan (PNPM-MP) di Kaltim.  
Hingga saat ini, Pemprov Kaltim terus melakukan pembinaan terhadap unit pengelola kegiatan (UPK) kecamatan di kabupaten. Hingga saat ini Pemprov Kaltim pun terus memberikan dana pembinaan terhadap UPK di masing-masing kecamatan yang berhasil meraih juara lomba UPK terbaik di tingkat kabupaten.
“Jadi, dukungan tersebut sangat diperlukan. Sehingga pengembangan pemberdayaan masyarakat serta program PNPM-MP yang diprogramkan pemerintah pusat dapat terlaksana dengan baik di daerah. Karena, program tersebut bertujuan untuk mensejahterakan rakyat di daerah,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPM-PD) Kaltim H Moh Jauhar Efendi di Kantor BPM-PD Kaltim, Kamis (21/11).  
Menurut dia, bantuan dana pembinaan tersebut bersifat dana stimulan yang terkait tentang lomba UPK terbaik di masing-masing kabupaten. Tetapi, yang mendapatkan dana stimulan tersebut adalah yang berhasil meraih juara satu hingga tiga.
 Selanjutnya, untuk mengetahui hasil dari bantuan tersebut, apakah bantuan itu terealisasi dengan baik atau tidak, maka Pemprov Kaltim melalui BPM-PD Kaltim akan melakukan evaluasi ke masing-masing UPK.  Termasuk di wilayah utara.    
“Yang jelas, evaluasi tersebut bertujuan untuk mengetahui bagaimana perkembangan program PNPM-MP di Kaltim yang didukung oleh Pemprov dan Pemerintah Kabupaten. Sehingga dengan begitu dapat menjadi dasar Pemprov Kaltim untuk mengambil kebijakan pada tahun anggaran 2014,” jelasnya.
Apalagi, Dirjen Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kemendagri Tarmizi A Karim telah menyatakan bahwa program PNPM-MP pada 2014 dipastikan berlanjut. Karena itu, wajar jika ada kekurangan dari bantuan pemerintah pusat dalam pelaksanaan PNPM-MP dapat dibantu oleh Pemprov dan Pemkab. (jay/hmsprov)
 

Berita Terkait