Duta Mahasiswa Efektif Sosialisasikan Genre

SAMARINDA - Mengatasi permasalahan remaja di negeri ini,   pemerintah melakukan berbagai upaya, salah satunya melalui program Generasi Berencana (Genre)  untuk meningkatkan promosi program generasi berencana khususnya melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling (PIK) Remaja melalui peran mahasiswa.
"Figur motivator dapat disiapkan melalui duta mahasiswa. Sosialisasi Genre bisa lebih efektif di lingkungan kampus dengan peran mereka karena memiliki  komunikasi yang terjalin baik melalui pendekatan sesama mahasiswa," kata Kepala Perwakilan  BKKBN Kaltim Jufri Yasin saat membuka lomba duta mahasiswa tingkat Kaltim yang disampaikan Kabid KB dan KR Achmad Taqdir di Samarinda, (16/4).        
Disamping itu, di lingkungan masyarakat secara umum ikon duta mahasiswa dirasakan memberi nilai lebih pada setiap pelaksanaan sosialisasi program Genre.
Diharapkan para peserta lomba  duta mahasiswa tingkat Provinsi Kaltim mampu menjauhi resiko Triad Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR), yakni seks bebas, Napza dan HIV/AIDS)dan melaksanakan pendewasaan usia perkawinan (PUP) sehingga dapat menjadi model dan contoh bagi remaja dan mahasiswa di lingkungan sekitar.
"Diharapkan juga pemenang Lomba Duta Mahasiswa 2013 dapat membawa nama harum Kaltim di tingkat nasional," ujarnya.
Lomba duta mahasiswa tingkat provinsi Kaltim ditujukan untuk  menyiapkan figur mahasiswa yang akan menjadi teladan bagi teman sebaya,  khususnya di lingkungan perguruan tinggi dan masyarakat. Sedangkan peserta lomba duta mahasiswa tingkat Kaltim 2013 berjumlah 14 orang dari tujuh perwakilan kabupaten dan kota. (sar/hmsprov).
 

Berita Terkait