Duta Wisata Bertugas Sebarkan Informasi Kepariwisataan Kaltim

Duta Wisata Bertugas Sebarkan Informasi Kepariwisataan  Kaltim

SAMARINDA – Salah satu tugas duta wisata yang merupakan aset daerah  adalah membantu dalam penyampaian informasi dan mempublikasikan  keunggulan kepariwisataan Kaltim dalam berbagai even skala nasional maupun internasional.

Hal itu disampaikan Asisten Administarsi Umum Setprov Kaltim Meiliana, mewakili Gubernur Kaltim  H Awang Faroek Ishak pada pembukaan grand final pemilihan putra-putri duta wisata Kaltim 2015, akhir pekan lalu di Samarinda..

Meiliana mengatakan, pemilihan duta wisata sesungguhnya bukan sekedar menunjukkan kelebihan fisik atau hal-hal yang bersifat lahiriah semata, namun lebih diutamakan potensi pribadi dan mampu berpikir positif dalam mengenal budaya daerah.

Selain itu, duta wisata  juga harus memiliki kemampuan dan cerminan yang dapat mewakili kepariwisataan di Kaltim yang kaya akan keanekaragaman seni budaya, berupa budaya pesisir, keraton dan pedalaman.

"Karena itu, diharapkan kepada peserta yang merupakan generasi muda Kaltim, lebih mengenal dan mencintai seni budaya daerah, sekaligus  menjadikan kebanggaan yang dapat dikenalkan melalui berbagai event kepariwisataan," kata Meiliana.

Sebagai salah satu tujuan wisata di Indoensia,  Kaltim telah menjadikan sektor wisata sebagai salah satu unggulan dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Beberapa event kepariwisataan sukses dilaksanakan di beberapa daerah, misalnya Erau Pelas Benua di Teggarong, Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam, Festival Borneo dan sejumlah kegiatan adat-istiadat di beberapa kabupaten/kota.

Menurut dia, semua event kepariwisataan Kaltim  rutin dilaksanakan setiap tahun memerlukan promosi secara luas, peran duta wisata juga sangat penting mengingat setiap gelaran  memerlukan tenaga profesional yang siap menjadi pemandu.

"Disinilah peran duta wisata, agar pelaksanaan berbagai even kepariwisataan di Kaltim bisa disosialisasikan ataupun dipromosikan secara menyeluruh, sehingga sukses," tandas Meiliana.   

Setelah mengikuti berbagai tahapan pemilihan, pada malam grand final pemilihan duta wisata Kaltim 2015. Akhirnya Kota Balikpapan yang diwakili Jevon Sameul dan Maya Elvira terpilih sebagai Duta Wisata Kaltim 2015. (mar/es/sdv).

 

Berita Terkait
Government Public Relation