Dwi Nugroho : Mari Bergandeng Tangan Lahirkan Generasi Berencana

BKKBN Kaltim Gelar Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe 2014

SAMARINDA-Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia, Prof Dwi Nugroho Hidayanto menegaskan, Kaltim harus menyiapkan generasi penerus yang sehat secara jasmani, cerdas dan berakhlak mulia. Generasi Kaltim harus terhindar dari pola pergaulan seks bebas, penyalahgunaan obat-obat terlarang dan nafza. Sebab hal-hal buruk tersebut pasti akan merusak masa depan para remaja.

"Kita harus kompak bergandengan tangan dalam upaya ini. Kampanye ini tidak akan sukses jika dilakukan secara parsial. Kita harus menyiapkan generasi yang kuat jasmani dan rohani, cerdas dan berakhlak mulia. Kami mendukung kampanye untuk menyiapkan generasi yang baik melalui berbagai program aksi Generasi Berencana (GenRe)," kata Dwi Nugroho Hidayanto saat mewakili Gubernur Awang Faroek Ishak, membuka Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Tingkat Provinsi 2014 di Samarinda, Selasa (15/4).

Pemprov Kaltim lanjut Dwi Nugroho sangat mendukung program-program penyiapan generasi muda, khususnya menyangkut penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja/mahasiswa  yang akan terus diarahkan untuk mencapai remaja/mahasiswa yang berperilaku hidup sehat, terhindar dari resiko Triad KRR (kesehatan reproduksi remaja) yakni hal-hal yang bersinggungan dengan seks bebas, Nafza dan HIV/AIDS.

"Selain itu, kami juga ingin para remaja tidak menikah dalam usia dini atau menunda usia pernikahan dan lalu menyempurnakannya dengan perencanaan kehidupan berkeluarga untuk mewujudkan keluarga kecil bahagia sejahtera serta menjadi contoh, idola dan sumber informasi bagi teman sebaya mereka," beber Dwi Nugroho.

Di tempat yang sama, Plt Kepala Perwakilan Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kaltim Yenrizal Makmur menjelaskan, program GenRe dilaksanakan dengan dua pendekatan, yakni melalui pendekatan antar remaja itu sendiri dan pendekatan kepada keluarga (orang tua). Pendekatan antar remaja dilakukan melalui pengembangan Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIK R/M).

"Saat ini sudah terbentuk 372 PIK R/M yang tersebar di kabupaten dan kota. Dari jumlah itu hingga saat ini sudah dilatih 688 Pendidik Sebaya (PS) dan Konselor Sebaya (KS) sebanyak 219 remaja. Mereka secara langsung membantu program aksi kita," tegas Yenrizal.

Sementara itu, terkait pemilihan Duta Mahasiswa Genre tersebut, ketua panitia pelaksana yang juga Kabid KS-PK Perwakilan BKKBN Kaltim, Hartini menyebutkan, lomba ini diikuti 8 pasangan dari kabupaten/kota di Kaltim, diantaranya Kabupaten Berau, Paser, Kutai Timur dan Kota Samarinda, Tarakan serta Bontang.

"Pemenang dari ajang ini akan mengikuti ajang serupa di tingkat nasional. Pemenang akan menjadi Duta Mahasiswa GenRe Kaltim," kata Hartini.

Lomba kali ini digelar di salah satu mall di Samarinda dengan maksud agar target kampanye Generasi Berencana ini bisa lebih luas dengan antusiasme para pengunjung. (sul/hmsprov)

/////Foto : Staf Ahli Gubernur Bidang Sumber Daya Manusia, Prof Dwi Nugroho Hidayanto (tiga dari kiri) dan Plt Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim, Yenrizal Makmur (empat dari kiri) mengacungkan "Salam GenRe". Menyiapkan Generasi Berencana tidak bisa dilakukan secara parsial. Perlu dukungan semua pihak. (samsul/humasprov)

 

 

Berita Terkait