DWP Berperan Tingkatkan Minat Baca

SAMARINDA– Keberadaan anggota Dharma Wanita Persatuan (DWP) sangat berperan untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di lingkup keluarga.

“Hadirnya pengelola perpustakaan terdiri dari anggota DWP di setiap lingkungan sosial masyarakat diharapkan mampu mendorong peningkatan minat dan kegemaran membaca masyarakat,” harap Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti pada Bimbingan Teknis Pengelola Perpustakaan DWP se-Kaltim di Balai Pustaka, Rabu (6/11). 

Selain itu, melalui pola edutainment atau pola hiburan bernuansa pendidikan dapat dilakukan DWP yang diterapkan kepada anak-anak sejak dini, sehingga mampu memacu keinginan mereka untuk membaca buku-buku cerita.

Disebutkan sebagian besar proses pemilikan ilmu pengetahuan diperoleh melalui membaca. Namun, tantangan berat saat ini untuk mengubah budaya masyarakat yang memiliki sikap malas membaca lebih suka budaya lisan dan menonton acara hiburan di televisi.

“Melalui pola edutainment yang dilakukan DWP Kaltim maka diharapkan mampu membentuk budaya kegemaran membaca masyarakat. Karenanya melalui Bimtek yang digelar Perpusda Kaltim dengan DWP Kaltim ini dapat memberikan pemahaman kepada anggota bahwa upaya peningkatan minat dan budaya membaca merupakan tanggungjawab bersama,” ungkap Sri.

Sementara itu Kepala Bidang Pendidikan Hj Hartami Zairin saat mewakili Ketua DWP Kaltim Hj Rita Ratina Irianto mengemukakan bimtek yang diikuti anggota dari UP DWP SKPD lingkup Pemprov digelar untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan tata kelola perpustakaan.

“Bimtek ini membekali setiap anggota DWP khususnya yang mengelola perpustakaan agar lebih terampil dalam tata kelola. Selain itu, menambah wawasan tentang pentingnya membentuk kegemaran  membaca bagi masyarakat terutama di lingkup keluarga untuk meningkatkan minat dan budaya membaca masyarakat,” ujar Hartami Zairin. (yans/adv)

///Foto: TAMBAH WAWASAN. Kepala Perpusda Kaltim Hj Sri Sulasmi menyalami Pserta Bimtek Pengelola Perpustakaan DWP se-Kaltim.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait