DWP Dukung Program Pro Rakyat Melalui Pelatihan TTG

SAMARINDA – Dalam upaya mendukung sekaligus mengimplementasikan program Gubernur Awang Faroek Ishak untuk pengentasan kemiskinan dan pro rakyat,, Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kaltim melaksanakan pelatihan teknologi tepat guna (TTG) pengolahan kelapa dalam.
“Guna meningkatkan keterampilan dan kemampuan yang berimbas pada peningkatan pendapatan dalam keluarga, sekaligus implementasi dan dukungan terhadap program pemerintah maka DWP memberikan pelatihan TTG pengolahan kelapa dalam bagi anggota,” kata Ketua DWP Kaltim Hj Rita Ratina Irianto Lambrie dalam sambutan yang disampaikan Wakil Ketua/Koordinator Bidang Pendidikan Hj Sularsih Sutarnyoto, Rabu (12/6).
Menurut dia, pelatihan ini sebagai salah satu upaya pembinaan yang baik dan terarah dalam pengembangan sumber daya manusia serta iklim usaha yang berkualitas sesuai dengan prinsip kemandirian dan produktifitas.
Selain itu, bagi peserta pelatihan usai mengikuti kegiatan usaha produktif ini diharapkan mampu mempraktekkan dan menyebarkan pengetahuan yang diterima kepada anggota di unsur pelaksana DWP masing-masing SKPD di lingkup Pemprov Kaltim.
Sementara itu Kepala Bidang Perlindungan Disbun Kaltim Henny Herdiyanto mengemukakan instansinya secara teknis terus berupaya mengembangkan produk olahan kelapa dalam untuk berbagai turunannya, terutama bagi petani dan masyarakat.
“Kelapa dalam ini cukup besar potensinya di Kaltim dan komoditi ini dapat diolah menjadi berbagai produk dengan harga yang cukup tinggi. Misalnya, VCO (virgin coconut oil), minyak kelapa, sirup dan selai, termasuk tempurung dan serabut kelapa yang dapat diolah menjadi berbagai kerajinan rumahan,” jelas Henny Herdiyanto.
Ditambahkan, kegiatan usaha produktif untuk produk rumahan komoditi Kelapa Dalam bagi ibu rumah tangga sangat mudah dilakukan. Terlebih ketersediaan komoditi ini sebagai bahan baku (kelapa) untuk kegiatan rumahan (home industry) cukup berlimpah.  
Pelatihan teknologi tepat guna pengolahan kepala dalam kerjasama DWP Kaltim dengan Dinas Perkebunan Kaltim diikuti 50 peserta dari DWP Unit Pelaksana SKPD lingkup Pemprov Kaltim, menghadirkan instruktur dari UPTD Teknologi Terapan Perkebunan (T2P) Disbun Kaltim, Nazaruddin. (yans/hmsprov).

///Foto : Nazaruddin sedang memperatekan keterampilan TTG pengolahan Kelapa Dalam dihadapan peserta pelathan yang digagas DWP Kaltim.(masdiansyah/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait
Government Public Relation