DWP Mitra Pemerintah Sukseskan Pembangunan

HUT ke-15 Dharma Wanita Persatuan

SAMARINDA – Dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-15 Dharma Wanita Persatuan (DWP), Hj Rita Ratina Irianto (Ketua Umum) mengatakan DWP sebagai organisasi istri pegawai negeri sipil (PNS) di lingkup Pemprov Kaltim harus berperan serta menyukseskan pembangunan.

“DWP ini selain mitra pemerintah juga didalamnya terdiri istri PNS sudah menjadi kewajiban kita semua turut serta menyukseskan program-program pembangunan di daerah,” kata Rita Ratina di Aula UPTD P3UKM Samarinda, Rabu (7/1).

Hal yang perlu dilakukan pada 2015 ini menurut Rita, menyusun program kerja organisasi yang mengarah pada program-program prioritas pembangunan yang ditetapkan pemerintah daerah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat terkait pemberdayaan kaum wanita.

Dia mengakui berbagai program prioritas pembangunan yang dilaksanakan pemerintah sejak kepemimpinan Gubernur Awang Faroek Ishak khususnya program pemberdayaan perempuan cukup tinggi.

Karenanya, kaum perempuan harus mampu mengimbangi peluang yang telah diberikan pemerintah untuk meningkatkan kapasitas serta kompetensi diri baik sebagai istri PNS mendampingi suami maupun ibu anak-anak serta perempuan yang berkarya.

Dalam era keterbukaan saat ini mampu memberikan kesempatan terhadap kaum wanita untuk ikut berkarya dalam pembangunan baik secara langsung maupun di posisi pengambil kebijakan (keputusan).

“Banyak kaum perempuan anggota DWP selain istri PNS juga berstatus sebagai pegawai baik pegawai pemerintah maupun pegawai swasta serta berwirausaha. Sehingga, berbagai sektor yang terbuka bagi kaum wanita ini dapat diambil sesuai kompetensi diri,” jelas Rita.

Sementara itu diusianya yang ke-15 di tahun 2015 ini maka DWP secara organisasi harus mampu berperan lebih baik dalam mendukung kesuksesan pembangunan di daerah untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan masyarakat Kaltim.

“Kami ingin agar keberadaan organisasi ini mampu memberikan makna yang lebih besar bagi kemajuan Kaltim serta kesejahteraan masyarakat. Selain itu, sebagai istri PNS tentunya memiliki peran yang lebih baik dalam mendukung suami melaksanakan tugas-tugas pemerintahan,” ungkap Rita Ratina Irianto.

Peringatan HUT ke-15 DWP yang dihadiri seluruh anggota dan pengurus DWP unit SKPD lingkup Pemprov Kaltim dirangkai dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW serta pemberian santunan kepada yayasan anak yatim. Ikut hadir Pembina DWP Kaltim Hj Ence Amelia Suharni Faroek dan pimpinan berbagai organisasi wanita se-Kaltim. (yans/sul/hmsprov)

 

//Foto: Rita Ratina (kanan) menyerahkan nasi tumpeng kepada Hj Ence Amelia Faroek pada HUT ke-15 DWP.(masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait