Ekspedisi Kapsul Waktu

257 Harapan Rakyat Kaltim untuk 70 Tahun Mendatang

SAMARINDA -  Sedikitnya 257 harapan dan mimpi rakyat Kaltim tercatat di Panitia Daerah Ekspedisi Kapsul Waktu (EKW) Kaltim untuk kemajuan Provinsi Kaltim hingga 2085 mendatang.

"257 harapan dan mimpi itu berasal dari dari masyarakat 111 harapan dan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terdapat 146 harapan," kata Ketua Panitia Penyelenggara penyambutan ekspedisi Kapsul Waktu 2085 Meiliana  pada rapat pemantapan antara pemerintah daerah dengan tim panitia ekspedisi kapsul waktu Senin (5/10) di Ruang Tepian Kantor Gubernur Kaltim.

Meiliana menyebutkan, dari 257 harapan dan mimpi itu, nantinya akan dikerucutkan menjadi 20 harapan yang akan tersimpan didalam kapsul waktu dan harapan mimpi itu akan dibuka pada 70 tahun mendatang.     

" Sejumlah 20 harapan itu nantinya akan tersimpan di dalam kapsul waktu yang dalam penyimpanannya nanti terbagi dua. Ada tujuh harapan yang dibawa panitia nasional ekspedisi kapsul waktu dan sisanya akan disimpan di monumen gerakan 70 yang akan dibangun di depan kantor gubernur," kata meiliana yang juga menjabat sebagai Asisten IV Bidang Administrasi Umum dan Keuangan Setprov Kaltim.

Harapan dan mimpi masyarakat Kaltim kata Meiliana telah dipetakan dalam tujuh  tema besar yaitu tentang ekonomi (pariwisata, pangan, energi, industri, kelautan dan kehutanan), SDM, agama, infrastruktur, sosial budaya dan kesejahteraan, politik, tata ruang dan lingkungan.

"Dipisah menjadi tujuh tema, paling banyak tentang sosial budaya dan kesejahteraan sebanyak 57 harapan dan yang paling sedikit tentang agama. Semua harapan itu dikerucutkan menjadi 20 harapan yang dapat mewakili semua aspirasi dan harapan masyarakat Kaltim pada 2085," katanya.

Sementara itu, ketua tim panitia daerah ekspedisi kapsul waktu, Fajri Alfarobi mengatakan tim panitia nasional ekspedisi kapsul waktu akan tiba di Kaltim dari Kalsel pada 26 Oktober.

Diperbatasan Kalsel-Kaltim di kabupaten paser, panitia daerah ekpedisi kapsul waktu bersama pemerintah daerah yang mendukung kegiatan ini akan menyambut timnas ekspedisi kapsul waktu.

Setelah kabupaten paser, tim panitia nasional ekspedisi kapsul waktu yang membawa kapsul waktu keliling Indonesia akan menuju ke kabupaten Penajam Paser Utara dan Balikpapan.

"Pada 28 Oktober bertepatan dengan Hari Sumpah Pemuda juga merupakan kegiatan puncak dan peresmian monumen gerakan 70 di Kota Samarinda. Setelah itu, melanjutkan perjalanan ke Bontang, Kutai Timur dan Berau," katanya.(rus/es/humasprov).

 

Berita Terkait