Ekspor Komoditi Pertanian PT MKC, Hadi Berharap Berbagai Komoditi Pertanian di Ekspor

Wagub Hadi Mulyadi saat Pelepasan Ekspor Komoditi Pertanian (yuvita/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Wakil Gubernur (Wagub) H Hadi Mulyadi resmi lepas ekspor komoditi pertanian yang dilaksanakan PT Mukti Kusuma Cemerlang (MKC). Pelepasan Ekspor dilaksanakan Badan Karantina Pertanian Kementerian Pertanian, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda bekerjasama dengan PT Mukti Kusuma Cemerlang (MKC) yang digelar di Pabrik PT MKC Simpang Pasir Palaran, Kamis (28/3/2019).

Kedepan, harap Hadi ekspor ini tidak hanya karet. Tetapi semua komoditi pertanian dengan ditingkatkan prekuensinya. "Masalah pertanian dalam arti luas harus serius dibangun. Karena itu, dalam membangun pertanian perlu keseriusan dalam bekerja, penuh cinta dan doa. Sehingga pembangunan pertanian ini semakin maju dan sukses," kata Hadi Mulyadi.

Pemprov ujarnya, optimis kedepan sektor pertanian Kaltim akan lebih maju. Hadir Kepala Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura Kaltim H Ibrahim, anggota DPR RI asal Kaltim Hj Kasriyah, Kepala Badan Karantina Pertanian, Stasiun Karantina Pertanian Kelas I Samarinda diwakilkan Kepala Pusat Karantina Hewan Agus Sunanto, anggota Forkopimda Kaltim serta General Manager PT MKC Soedarmadji.

MKC merupakan perusahaan pabrik karet satu-satunya di Kaltim. Kini sudah menyerap tenaga kerja hingga 200 orang dimana 80 persen tenaga kerja lokal. Sedangkan komoditi yang diekspor tahun ini 10.500 ton. Ekspor yang dilaksanakan MKC selama ini sudah ke luar negeri, mulai Eropa, Amerika hingga Asia.

Pelepasan ditandai dengan pemecahan kendi di truck kontainer oleh Wagub Hadi Mulyadi serta penyerahan sertifikat Phytosanitary Certificate. Selain PT MKC, Ekspor juga dilakukan beberapa perusahaan. Seperti PT Rimba Raya Lestari (RRL), PT Kayu Alam Perkasa Raya (KAPR), PT Oceanias Timber Product (OTP) dan CV Rizata Wijaya. Komoditi akan diekspor ke berbagai negara seperti Myanmar, Taiwan, India dan China.(jay/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait