Kalimantan Timur
Elto Buka Rakor PMTS, Optimalisasi Program STOP


SAMARINDA - Mewakili Gubernur Kaltim, Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setdaprov Kaltim H Elto membuka Rapat Koordinasi (Rakor) Program Pencegahan dan Penularan HIV/AIDS  melalui Transmisi Sexual (PMTS) Tahun 2019.

Elto mengatakan Rakor ini merupakan momentum yang penting bagi semua dalam menyampaikan Visi dan persepsi. Untuk selanjutnya menyatupadukan langkah dalam menghadapi HIV dan AIDS sebagai musuh bersama yang sangat berbahaya.

Untuk itu, Elto mengingatkan dan mengajak masyarakat untuk STOP (Suluh, Temukan, Obati, Pertahankan) HIV AIDS. Melalui SULUH, yaitu memberikan penyuluhan kepada masyarakat bahwa HIV merupakan penyakit infeksi kronis yang bisa dikendalikan supaya tidak menjadi AIDS.

Selain itu, TEMUKAN yakni salah satu upaya untuk bersama-sama menemukan mereka pengidap HIV. 

"Kemudian OBATI dengan menggunakan obat anti Restroviral (ARV). Pengobatan ini bertujuan melemahkan virus HIV. Dan PERTAHANKAN, supaya  tubuh tetap sehat dengan menjalankan pola hidup sehat serta berpikir positif," kata Elto di Ruang Rapat Tepian II Kantor Gubernur Kaltim, Rabu (30/10/2019).

Elto mengharapkan pimpinan instansi/perangkat daerah, lembaga dan unsur LSM terkait pengendalian HIV/AIDS berperan aktif.

Terutama dalam mendukung upaya penanggulangan HIV/AIDS melalui kegiatan-kegiatan sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing.(mar/yans/her/humasprov kaltim)

Berita Terkait