Empat Desa dan Kelurahan Ikut Lomba Desa 2016

 

SAMARINDA - Delapan desa dan kelurahan di Kaltim siap mengikuti lomba desa dan kelurahan tingkat provinsi tahun ini. Desa dan kelurahan yang mengikuti, yakni Desa Tepian Buah, Kecamatan Segah Kabupaten Berau, Desa Loa Duri Ilir, Kecamatan Loa Janan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Desa Suarga Baru, Kecamatan Sangatta Utara Kabupaten Kutai Timur (Kutim) dan Desa Sidorejo, Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU). 

Sedangkan tingkat kelurahan, yakni Kelurahan Bukuan, Kecamatan Palaran Kota Samarinda, Kelurahan Batu Ampar, Kecamatan Balikpapan Utara Kota Balikpapan, Kelurahan Muara Jawa Ilir, Kecamatan Muara Jawa Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kelurahan Waru, Kecamatan Waru Kabupaten PPU.

“Saat ini tahapan verifikasi pemberkasan. Dari tujuh kabupaten dan tiga kota hanya enam kabupaten/kota yang mengikuti, yakni Berau, Kukar, Kutim, PPU, Samarinda dan Balikpapan,” kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kaltim M Jauhar Efendi di Kantor BPMPD Kaltim, Senin (19/9).

Setelah pemberkasan, 8 desa dan kelurahan akan mengikuti tahapan presentasi yang rencana dilaksanakan sejak 10-11 Oktober 2016. Desa dan Kelurahan yang mengikuti presentasi tersebut wajib membawa sejumlah perangkat pemangku kepentingan (stakeholder) di masing-masing desa dan kelurahan, mulai camat, Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Desa dan Kelurahan, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) hingga Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) masing-masing kecamatan maupun desa dan kelurahan.

“Jadi, desa dan kelurahan yang akan mengikuti presentasi wajib membawa seluruh perangkat stakeholder di daerah masing-masing. Sehingga mendukung kepala desa maupun lurah yang akan menyampaikan presentasi dengan tujuan memperkuat data yang ditanyakan para juri dari pemerintah provinsi,” jelasnya.

Desa dan kelurahan yang mengikuti lomba ini adalah mereka yang terpilih dari masing-masing kabupaten/kota di Kaltim. Sedangkan peserta yang tidak mengikuti lomba ini, yaitu Kabupaten Paser, Mahakam Ulu dan Kutai Barat serta Kota Bontang.

“Setelah dari tahapan presentasi, tim seleksi rencana akan turun ke lapangan untuk mengetahui kondisi lapangan hasil presentasi yang disampaikan masing-masing peserta. Diperkirakan 17 Oktober 2016 dapat diketahui hasil pemenang lomba tersebut,” jelasnya. (jay/sul/es/humasprov)

Berita Terkait