Empat tahun lagi, duku sudah bisa dinikmati para pegawai Bandara APT. Pranoto

Kepala DPTPH Kaltim Ibrahim menanam bibit pohon duku. Empat tahun lagi, duku sudah bisa dinikmati para pegawai Bandara APT. Pranoto. (IST)

SAMARINDA - Dinas Pangan Tanaman Pangan dan Holtikultura (DPTPH) Provinsi Kaltim berpartisipasi menghijaukan areal Bandara APT Pranoto  Samarinda dengan menanam 25 bibit pohon duku. Kepala DPTPH Kaltim Ir  Ibrahim mengatakan buah duku adalah jenis buah-buahan dari anggota suku Meliaceae  yang berasal dari Asia Tenggara sebelah barat. Buah ini memiliki kemiripan dengan buah langsat, kokosan, pisitan atau celoring. 

Ibrahim meyakini tanaman ini akan sangat bermanfaat, karena 4 tahun  ke depan hasilnya sudah akan bisa dinikmati  para karyawan dan karyawati yang beraktifitas di bandara ini. "Bibit duku  yang kita tanam di areal bandara ini merupakan bibit unggul yang kualitasnya bagus. Kami tanam sebanyak 25 pohon. Mudah-mudahan bisa tumbuh dan dipelihara dengan baik, sehingga setelah berbuah nanti bisa dinikmati," ucap Ibrahim. 

Awalnya mereka juga akan menanam durian dan elai. Tapi diperkirakan tanah di kawasan bandara ini kurang tepat untuk dua jenis tanaman tersebut.

Selain menanam bibit buah duku, lanjut Ibrahim  DPTPH juga telah membagikan bibit buah durian dan elai Mahakam kepada masyarakat disetiap melakukan kunjungan kerja ke kabupaten/kota, dengan harapan selaian melestarikan buah asli kalimantan tersebut, juga bisa meningkatkan pendapatan masyarakat.

"Setiap kita melakukan kunjungan kerja ke setiap daerah baik saat bersama gubernur Kaltim maupun monitoring program, kita selalu mambawa bibit buah durian dan elai mahakam untuk dibagikan kepada masyarakat untuk ditanam dihalaman rumah masing-masing, dengan begitu hasil buah  tersebut nantinya bisa menambah pendapatan masyarakat," kata Ibrahim.(mar/sul/humasprov)

Berita Terkait