Empat UKPP Kaltim Raih Penghargaan Abdi Bakti Tani

Empat UKPP Kaltim Raih Penghargaan Abdi Bakti Tani

 

SAMARINDA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur mengusulkan empat Unit Kerja Pelayanan Publik (UKPP) bidang pertanian di Kaltim untuk diberikan penghargaan Abdi Bakti Tani 2015 dari Menteri Pertanian.

Keempat UKPP itu masing-masing yakni Unit Pelaksana Teknis Badan (UPTB) Balai Pelatihan Pertanian (Bapeltan) Badan Ketahanan Pangan dan Penyuluhan Provinsi Kaltim, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pembibitan dan Ensiminasi Buatan Dinas Peternakan Provinsi Kaltim, UPTD Pengawasan Benih Perkebunan Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim. Sedangkan dari kabupaten dan kota, Pemprov Kaltim mengusulkan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Berau.

Kepala Biro Organisasi Setdaprov Kaltim Yuswadi mengatakan, pemberian penghargaan Abdi Bakti Tani diberikan kepada UKPP berprestasi bidang pertanian yang melaksanakan pelayanan prima yang berkualitas, cepat, mudah, terjangkau dan terukur.

"Pemberian penghargaan tersebut merupakan langkah strategis dalam rangka mendorong peningkatan kualitas pelayanan publik dengan memberikan stimulus atau motivasi, semangat perbaikan dan inovasi pelayanan serta mengetahui gambaran kinerja yang objektif dari unit pelayanan," katanya.

Penghargaan Abdi Bakti Tani yang diberikan kepada UKPP berprestasi bidang pertanian berupa piala, plakat, piagam dan piala kencana dengan penilaian berasal dari nilai kinerja pelayanan.  

"Piala diberikan kepada UKPP yang meraih nilai kinerja pelayanan sangat baik dengan poin 91-100, lalu plakat diberikan untuk nilai baik dengan poin 81-90 dan piagam diberikan untuk nilai yang cukup baik dengan poin 71-80 serta piala kencana diberikan kepada UKPP yang telah memperoleh piala Abdi Bakti Tani sebelumnya dengan kinerja pelayanan yang semakin meningkat," jelas Yuswadi.

Yuswadi menambahkan, di lingkungan Pemprov Kaltim terdapat 13 UKPP bidang pertanian dan 10 UKPP bidang pertanian pemkab atau pemkot. Namun, yang mengusulkan dan menyampaikan berkas pendukung kepada tim penilai hanya 3 UKPP bidang pertanian di lingkungan Pemprov Kaltim dan satu UKPP bidang pertanian pemkab di Kaltim yakni Dinas Peternakan Kabupaten Berau.

"Berdasarkan verifikasi dan penilaian berkas serta pembinaan sekaligus kunjungan ke UKPP Bidang Pertanian yang dinilai. Maka, keempat UKPP bidang pertanian tersebut yang telah mendapat penghargaan Abdibaktitani tahun 2015 dari menteri pertanian. Selanjutnya, Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak juga akan memberikan penghargaan kepada keempat UKPP tersebut," katanya. (rus/sul/es/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation