Empat Wakil Kaltim Ikuti Seleksi Pilar-Pilar Sosial Tingkat Nasional

SAMARINDA - Dinas Sosial Kaltim melalui Bidang Pemberdayaan Sosial (Dayasos) mengirimkan empat orang perwakilan yang merupakan pemenang seleksi Pilar-pilar Sosial Kaltim 2019, guna mengikuti Seleksi Pilar-pilar Sosial Tingkat Nasional yang dijadwalkan berlangsung 13-19 Agustus 2019 di Jakarta. Plt Kadis Sosial Kaltim Khairul Saleh mengatakan, empat perwakilan tersebut dinilai siap bersaing di seleksi tingkat nasional.

"Kami yakin perwakilan yang terpilih adalah terbaik di Kaltim. Diharapkan mereka mampu memberikan terbaik bagi daerah di masing-masing kategori yang diikuti," kata Khairul Saleh di Samarinda, Senin (12/8/2019).

Khairul Saleh mengatakan pilar-pilar sosial atau relawan sosial terpilih berperan untuk menghidupkan kembali nilai-nilai luhur jati diri bangsa yang mulai memudar akibat globalisasi. 

Menurut dia, globalisasi tidak bisa dihindari. Namun jangan sampai meninggalkan akar budaya bangsa. Untuk itu, pilar-pilar sosial harus mengambil peran yang membawa nilai-nilai kebajikan, spiritualitas kebangsaan, solidaritas sosial, kearifan budaya lokal dan etos kerja yang produktif dan disiplin serta gotong royong.

"Kita harapkan mereka yang terpilih bisa mempromosikan budaya termasuk kearifan lokal Kaltim. Sehingga masyarakat di Indonesia mengenal budaya sosial masyarakat kita yang sangat tinggi," jelasnya.

Dalam seleksi pilar-pilar sosial tingkat nasional nantinya perwakilan Kaltim akan bersaing dengan perwakilan dari seluruh provinsi di Indonesia untuk empat kategori. Yakni Lembaga Kesejahteraan Sosial (LKS), Tenaga Kesejahteraan Sosial Kecamatan (TKSK), Pekerja Sosial Masyarakat (PSM), dan Karang Taruna.

Perwakilan Kaltim yang akan bersaing di tingkat nasional 2019, yaitu  LKS diwakili Taufik Ridwan dari LKSA Al Mu`min Balikpapan, TKSK diwakili Aminah asal Balikpapan, PSM oleh Farida Astuti dari Kutai Kartanegara dan Karang Taruna diwakili Julianto asal Kutai Barat. (jay/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait