Enaknya Pisang Tanduk

SAMARINDA – Tahu kan pisang tanduk? Bentuknya besar dan panjang, beda dengan pisang pada umumnya. Pisang tanduk kurang enak disanggar. Tapi di tangan seorang ibu di Samarinda, pisang tanduk bisa disulap jadi cemilan menarik dan nikmat. “Padahal tadi itu pisang tanduk yang dipotong kecil-kecil dikasih sambel dengan kemasan yang menarik. Tulisannya Korea lagi, nanti dikira orang Korea yang bikin, padahal orang Samarinda,” kata Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kaltim Hj Norbaiti Isran Noor saat membuka dan memberi arahan pada Sarasehan Kewirausahaan yang diprakarsai Bankaltimtara di Aula Bankaltimtara, Kamis (13/12/2018).

Itulah pentingnya branding. Pisang tanduk yang dimakan saja sebenarnya kurang enak, tapi saat diolah dengan inovasi yang tinggi, camilan ini menjadi sangat menarik dan nikmat. Istri orang nomor satu Kaltim ini sedang memberi motivasi kepada 200 pelaku UMKM di Kaltim dalam acara yang digelar melalui corporate social responcibility (CSR) Bankaltimtara.

Norbaiti juga mengakui kesulitan modal masih menjadi masalah utama pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Ia pun berharap agar PT. Jamkrida yang dibentuk Pemprov Kaltim dapat memfasilitasi pelaku UMKM. “Tentu saya berharap Bankaltimtara dan PT Jamkrida bisa membantu memecahkan kesulitan pelaku UMKM ini. Seringkali usaha mereka sebenarnya prospektif, tapi belum bankable. Mungkin ini bisa dibantu,” harap Norbaiti.

Dia pun menyemangati dengan menyebutkan contoh pelaku usaha sukses yang saat  ini sudah mendapat buyer dari Fiji, Jepang. “Mereka ijin untuk mengikuti pameran di Australia. Yang bayar buyer mereka dari Jepang. Hebat kan? Jadi semua harus optimis mengarah ke sana. Bahwa kita mampu bersaing,”  ucap Norbaiti meyakinkan.

Sarasehan kewirausahaan tersebut menghadirkan tiga nara sumber yakni, Prof Abdul Rahim (Rektor Universitas Widya Gama), Fanti Wahyu Nurvita pelaku usaha suskes di Kaltim, dan nara sumber dari Bankaltimtara. Pembicara utama sarasehan ini adalah Kepala Disperindagkop dan UMKM Kaltim Fuad Asaddin, mewakili Gubernur Isran Noor. (sul/ri/humasprov/kaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation