Era Perdagangan Bebas, PT Harus Cetak Sarjana Unggul

Era Perdagangan Bebas, PT Harus Cetak Sarjana Unggul

 

SAMARINDA-  Era perdagangan bebas, baik lingkup ASEAN maupun global harus dihadapi dengan ketangguhan dan daya saing yang kuar. Untuk itu setiap Perguruan Tinggi (PT) seperti halnya Politeknik Negeri Samarinda (Polnes) diharapkan mampu mencetak sarjana yang unggul dan mampu mengabdikan diri untuk kemajuan daerah, bangsa dan negara.

Demikian harapan Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim HM Mukmin Faisyal HP ketika menghadiri Wisuda Polnes XXVI dan Dies Natalis XXVII di Gedung Olahraga (Gor) Segiri Samarinda.

Menurut dia, peningkatan sumber saya manusia (SDM) merupakan salah satu prioritas pembangunan di Kaltim, karena provinsi yang memiliki potensi sumber daya alam (SDA) yang cukup besar ini, tidak akan dapat maju dan sejahtera apabila tidak didukung dengan SDM yang berkualitas.

”Untuk pembangunan, Kaltim memerlukan SDM yang unggul, yang dapat diandalkan dan mampu bersaing dalam lingkup lokal maupun global. Semuanya itu dapat dipersiapkan melalui pendidikan, mulai dari pendidikan usia dini, tingkat dasar, menengah hingga perguruan tinggi yang merupakan sarana pencetak para intelektual, para pemikir dan penggagas di berbagai disiplin keilmuan. Karena itu, Politeknik harus mampu mencetak sarjana yang unggul di masa-masa akan datang,” kata Mukmin Faisyal, Sabtu (18/10).

Dia berharap Politeknik Negeri semakin maju, berkembang, ternama dan lulusannya dapat diperhitungkan di tingkat nasional maupun internasional. Untuk itu, perguruan tinggi ini harus terus dibenahi, baik menyangkut para pengelola, SDM para pengajar maupun dalam hal ketersediaan prasarana, sarana dan fasilitas dalam rangka peningkatan kegiatan perkuliahan dan pengabdian pada masyarakat.

Hal ini ditegaskan Mukmin, karena Indonesia 2015 akan menghadapi dua tantangan global, yakni kemampuan memenuhi target pembangunan milennium (Millenium Development Goals atau MDG) dan ASEAN Community 2015 atau Komunitas ASEAN 2015, yaitu berlakunya pasar bebas ASEAN.

”Karena itu, diharapkan Indonesia mampu memiliki daya saing setara dengan 10 negara ASEAN. Khususnya, kita yang ada di Kaltim, harus memiliki rencana strategis untuk dapat meningkatkan daya saing internasional dengan fokus pada 2015,” jelasnya.

Selain itu, Polnes harus mempunyai karakteristik khusus yang tidak dimiliki Politeknik lain di Indonesia. Karakteristik tersebut akan menjadi unggulan yang khas dan menjadi daya tarik tersendiri.

Jika Politeknik Negeri Samarinda mampu menjadi sebagai perguruan tinggi yang berkualitas dan memiliki daya saing yang tinggi. Politeknik ini diharapkan menjadi tempat menimba ilmu bagi masyarakat di Samarinda dan daerah sekitar, bahkan dari luar provinsi di Indonesia dan luar negeri.

“Dalam kaitan itu, Politeknik dapat menjalin kerjasama dengan berbagai pihak terkait baik di dalam maupun luar negeri. Termasuk dengan perusahaan yang bergerak dalam bidang pengadaan dan operasionalisasi kendaraan dan alat-alat berat, perusahaan konstruksi, industri minyak dan gas serta agroindustri yang banyak berdiri di kota ini,” jelasnya.

Politeknik Negeri Samarinda juga harus mampu meningkatkan dan mengembangkan kualitas dengan proses belajar mengajar dan pengembangan Iptek serta peningkatan dan pengembangan profesionalitas. Sebab jika tidak, maka politeknik ini akan tertinggal dengan perkembangan Iptek.

“Saya berharap perguruan tinggi ini harus terus berinovasi dan kreatif, sehingga mampu mencetak generasi muda yang unggul,” jelasnya.

Direktur Polnes Ibayasid mengatakan, tahun ini Polnes meluluskan sebanyak 932 orang. Diharapkan lulusan PTN ini mampu mencetak SDM yang berkualitas dan berkontribusi tinggi terhadap kemajuan daerah.

Dia berharap lulusan Polnes tahun ini dapat mengabdi di daerah. Karena, diketahui Pemprov Kaltim tengah giat membangun, baik infrastruktur hingga peningkatan kualitas SDM.

“Karena itu, kami berharap lulusan Politeknik Negeri Samarinda mampu bersaing dengan lulusan perguruan tinggi di Kaltim. Meski begitu, kami bangga karena lulusan tahun ini sudah ada yang diterima di pasar kerja. Kami berharap, ke depan Politeknik Negeri Samarinda bisa mencetak lulusan yang siap bekerja dan mengabdi bagi bangsa dan negara, terutama di daerah ini,” yakinnya. (jay/sul/hmsprov)

 

//Foto: HARUS SIAP. Wagub menerima rangkaian bunga pada Wisuda Polnes XXVI. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait