Kalimantan Timur
Eris Herryanto: Kaltim Peduli Pramuka

Pramuka Kaltim Peduli Bencana


SAMARINDA - Wakil Ketua Kwartir Nasional Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Marsdya TNI Eris Herryanto mengaku  bangga atas  kepedulian Kaltim di bawah kepemimpinan Gubernur H Awang Faroek Ishak  yang terus berupaya mendukung bangkitnya gerakan Pramuka di daerah ini. Apresiasi  juga  diberikan atas motivasi dan  kepedulian  Awang Faroek  untuk menumbuhkan semangat kaum muda dan masyarakat untuk membentuk Pramuka Peduli Bencana.


”Gubernur Kaltim memberikan perhatian besar terhadap kegiatan kepramukaan di daerah ini. Kami sangat mengapresiasi itu dan sekaligus mengajak seluruh Gerakan  Pramuka  di daerah ini terus meningkatkan pengabdian  serta membantu penanganan bencana,” kata  Eris Herryanto pada peresmian   Pramuka Peduli Bencana Kwarda Kaltim di halaman Kantor Gubernur, Rabu (20/2).


Selain itu, peran anggota Pramuka Peduli Bencana sangat strategis  untuk ikut serta memberdayakan masyarakat agar lebih peduli dan tanggap pada penanggulangan bencana yang mungkin terjadi.


Pramuka harus membangun citra positif bahwa gerakan ini merupakan lembaga pendidikan luar sekolah yang mewarnai kiprah kader untuk ikut menyelesaikan masalah-masalah di masyarakat.  


Pada level nasional, upaya nyata  telah dilakukan Kwarnas bekerjasama dengan Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) untuk meningkatkan  peran Pramuka.  ”Saya berharap MoU dengan BNPB dapat ditindaklanjuti Kwarda Kaltim, sehingga bisa bersinergi  untuk penanggulangan bencana,” tegasnya.  


Sementara itu Ketua Pramuka Peduli Bencana Kaltim H Sigit Muryono mengatakan,  pembentukan Pramuka Peduli Bencana merupakan wujud kepedulian Pramuka terhadap gejala dan reaksi masyarakat dalam keadaan darurat. Intinya kaum muda bisa menjadi relawan yang siap menghadapi kondisi tanggap darurat, kapan saja.  


Sigit menambahkan, gerakan ini nantinya akan membantu penanggulangan bencana daerah dan menjadi bagian dari Tim SAR, Rescue maupun pemadam kebakaran. Kepala  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kaltim,Wahyu Widhi Heranata yang juga Wakil Ketua  Pramuka Peduli Bencana Kwarda Kaltim mengatakan, organisasi ini secara otomatis akan bergabung dengan BPBD Kaltim bersama eleman relawan bencana lainnya.


Prosesi pelantikan juga ditandai pembacaan Trisatya Pramuka dan pembacaan ikrar yang kemudian dilanjutkan dengan simulasi pertolongan  dan evakuasi  korban bencana oleh Pramuka Peduli Bencana.  Dalam simulasi itu, para anggota Pramuka tampak sigap mendirikan tenda Posko dalam hitungan menit.(sar/hmsprov).

////Foto : Wakil Ketua Kwartir Nasional Bidang Pengabdian Masyarakat dan Siaga Bencana, Marsdya TNI Eris Herryanto memasangkan rompi tanda Pramuka Peduli Bencana Kaltim.(johan/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait