Farid : Pemuda Adalah Harapan Besar Bangsa Indonesia

*Malam Deklarasi Mahakam Merajut Indonesia

 

SAMARINDA-Wakil Gubernur (Wagub) Kaltim H Farid Wadjdy menyatakan, pemuda adalah harapan besar bangsa Indonesia. Pemuda Indonesia harus mampu merajut kembali rasa kebangsaan, nasionalisme, persatuan dan kesatuan.   

“Apa yang dilakukan para pemuda Indonesia tempo dulu sudah memberi contoh nyata. Sebab itu rasa kebangsaan dan nasionalisme yang mulai pudar, harus kita rajut kembali.  Dengan begitu, pemuda akan bisa memberikan sumbangan pemikiran dan gagasan yang cerdas untuk  membangun daerah ini,” kata Farid Wadjdy usai peringatan Malam Deklarasi Mahakam Merajut Indonesia di Samarinda, Minggu malam (27/10).  

Farid berharap, pemuda Kaltim diharapkan dapat mengamalkan hikmah dari makna yang baik di  malam deklarasi merajut Indonesia yang digelar Minggu malam lalu. Dia pun mengingatkan agar kegiatan tersebut jangan hanya sebatas pembakaran api unggun saja, tetapi dapat ditindaklanjuti dengan sikap yang lebih profesional mendukung proses pembangunan  daerah.  

Momentum Sumpah Pemuda ke-85 diharapkan menjadi tolok ukur pemuda Indonesia, terutama Kaltim untuk terus berbuat yang terbaik dalam pembangunan daerah.  

“Saya berharap pemuda dapat mengambil peran dalam merajut bangsa Indonesia yang lebih baik ke depan. Karena itu, saya menginginkan pemuda Kaltim tidak hanya sampai di deklarasi ini saja, tetapi ditindaklanjuti dengan berbagai program positif yang dilakukan di daerah," jelasnya. 

Di era modern saat ini, nilai-nilai kebersamaan, persatuan dan kesatuan bangsa menurut Farid  memang menghadapi tantangan yang sangat berat akibat globalisasi yang berkontribusi besar memudarkan dan mengarahkan masyarakat pada gaya hidup individualistis.  

Karena itu, dengan pembacaan Deklarasi Merajut Indonesia, seluruh pemuda Indonesia, akan mendapatkan kesadaran dan pencerahan mengenai pentingnya persatuan dan kesatuan bangsa, berdasarkan pemahaman Bhinneka Tunggal Ika yang berarti berbeda-beda namun tetap satu jua. 

”Para pemuda se-Tanah Air harus tetap bersemangat untuk mempertahankan eksistensi bangsa dan negara ini agar menjadi semakin kokoh, kuat, maju dan sejahtera yang diwujudkan dengan mengisi kemerdekaan di alam pembangunan ini dengan kesantunan, dengan karya, kreativitas dan prestasi yang membanggakan,” jelasnya. 

Hadir dalam malam Malam Deklarasi Mahakam Merajut Indonesia, Wakil Walikota Samarinda H Nusyirwan Ismail. Wagub Farid Wadjdy juga menyerahkan piala kepada juara lomba gerak jalan yang diikuti Organisasi Kemasyarakatan Pemuda (OKP) se-Kaltim. (jay/hmsprov)

Foto : Wagub Kaltim H Farid Wadjdy (baju batik merah), Wawali Samarinda Nusyirwan Ismail dan Deputi 5 Kemenpora, Dr Lalu Wildan   saat menyulut obor untuk api unggun kegiatan Malam Deklarasi Mahakam Merajut Indonesia, dalam rangkaian memperingati Hari Sumpah Pemuda Nasional ke-85 di Samarinda. (jaya/humasprov) 

Berita Terkait
Government Public Relation