Farid : Tingkatkan Daya Saing Mahasiswa Unmul

Sembilan Gedung Bantuan Pemprov Kaltim Diresmikan


SAMARINDA – Sembilan gedung bantuan Pemerintah Provinsi Kaltim untuk Universitas Mulawaman (Unmul) Samarinda secara resmi diserahkan dan digunakan untuk kegiatan pendidikan dilingkup civitas perguruan tinggi negeri terbesar di Kaltim itu.
Kesembilan gedung itu,  yakni Gedung Rektorat, Masjid Al Fatihah, Gedung Ekonomi Center, Laboratorium Komputer Fakultas Ekonomi, Gedung S2 (pasca sarjana) Fakultas Pertanian (Faperta).
Gedung  Dekanat Fakultas Keguruan dan Ilmu Pengetahun (FKIP) dan gedung Laboratorium Komputer FKIP, gedung Fakultas Hukum dan Gedung Kuliah Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA).
“Keberadaan gedung-gedung ini sebagai upaya Pemprov mendukung Unmul semakin maju dan berkembang menjadi universitas terkemuka di Indonesia bahkan internasional, khususnya mampu meningkatkan kualitas dan daya saing mahasiswanya,” kata Wakil Gubernur Kaltim H Farid Wadjdy usai meresmikan 9 Gedung di Unmul Samarinda, Senin (6/5).
Menurut dia, pengembangan Unmul sesuai komitmen sejak awal pembangunannya pada 1962 sebagai upaya dan dukungan Pemprov Kaltim untuk mewujudkan keinginan sesepuh dan tokoh masyarakat di daerah untuk meningkatkan kualitas SDM masyarakat Kaltim.
Kedepan secara bertahap dan berkesinambungan Pemprov bersama kabupaten dan kota akan terus memberikan dukungan yang maksimal guna pengembangan dan peningkatan fasilitas serta sarana dan prasarana kampus Unmul.
“Kita ingin agar universitas terbesar di Kaltim ini selain memiliki fasilitas dan sarana (gedung/laboratorium) yang lengkap dan berkualitas juga mampu melahirkan para lulusan (sarjana) yang berdaya saing tinggi tidak kalah dengan daerah lain di Indonesia,” harap Farid.
Selain itu, potensi sumber daya alam Kaltim yang berlimpah ini memerlukan sentuhan putra-putra daerah terbaik untuk mengelolanya termasuk ikut berperan dalam pembangunan, sehingga mampu memberikan manfaat yang besar guna kesejahteraan masyarakat dan kemajuan daerah.  
Sementara itu Rektor Unmul Samarinda Zamruddin Hasid mengemukakan Unmul Samarinda telah mengalami perkembangan yang cukup signifikan berkat dukungan dan perhatian Pemrpov Kaltim yang telah memiliki 40.000 mahasiswa  terbagi dalam 14 fakultas.
“Selain dukungan pengembangan fasilitas kampus, Pemprov juga memberikan perhatian yang besar terhadap pembiayaan pendidikan melalui beasiswa bagi mahasiswa Unmul yang saat ini sudah mencapai 40.000 orang. Termasuk dukungan program peningkatan kualitas/kompetensi 100 Dosen Unmul,” jelas Zamruddin Hasid.
Ditambahkan, beberapa fakultas yang dikembangkan saat ini merupakan gagasan Pemprov dalam upaya memenuhi kebutuhan pembangunan di daerah, sekaligus menyiapkan SDM andal yang akan memberikan pelayanan dan pengabdian bagi masyarakat.  
Tampak hadir Staf Ahli Gubernur Bidang Pendidikan dan SDM Dwi Nugroho Hidayanto dan Plt Sekprov Kaltim Dr H Rusmadi, Pembantu Rektor (PR) I Unmul H Afif Ruchaemi dan H Qamaruddin Sjamsi (PR II) serta H Helminuddin (PR III) dan  seluruh pimpinan serta dekan Unmul Samarinda.(yans/hmsprov).

///Foto : Wagub Farid Wadjdy menandatangani prasasti peresmian 9 gedung bantuan Pemprov Kaltim bagi Universitas Mulawarman Samarinda didampingi Rektor Unmul Zamruddin Hasid.(johan/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait