Fathul Buka Rakortek SDA IV Tahun 2020

Foto : S. Syaiful Al - Qadrie

TENGGARONG - Mewakili Gubernur Kaltim, Asisten Administrasi Umum Setdaprov Kaltim HS Fathul Halim membuka Rapat Koordinasi Teknis (Rakortek) Sumber Daya Air ke IV Provinsi Kalimantan Timur 2020 di Hotel Grand Elty Singgasana Bukit Biru Tenggarong Kutai Kartanegara, Selasa (10/3/2020).

.

Dalam sambutan tertulisnya, Gubernur mengatakan pengelolaan SDA mencakup kepentingan lintas sektoral dan lintas wilayah yang memerlukan keterpaduan tindak untuk menjaga kelangsungan fungsi dan manfaat air serta sumber air.

.

Menurut dia, pengelolaan itu harus dilakukan melalui koordinasi dengan mengintegrasikan kepentingan berbagai sektor, wilayah dan para pemilik kepentingan dalam bidang SDA, sumber daya lahan dan sumber daya lainnya.

.

"Saya sungguh berharap dan perlu menjadi perhatian khusus permasalahan banjir di Kaltim dapat diatasi dengan baik, melalui program dan kegiatan yang terencana dan dilaksanakan secara berkesinambungan," harapnya.

.

Disisi lain pembangunan tidak terlepas dari dampak perubahan dan kerusakan lingkungan, khususnya SDA serta kehidupan sosial masyarakat yang semakin komplek.

.

Disadari bahwa SDA sangat penting untuk kelangsungan hidup makhluk hidup yang ada dimuka bumi ini hukan hanya untuk manusia namun juga untuk makhluk hidup lainnya.

.

Sementara itu, Kalimantan Timur saat ini juga telah dipilih Presiden Joko Widodo sebagai calon ibu kota negara (IKN) baru RI, pengganti pusat pemerintahan di Jakarta.

.

"Kedepan Kaltim, akan menyandang amanah, tugas dan tanggung jawab yang tidak kecil dalam mendukung tetwujudnya IKN baru. Khususnya dalam menjamin tersedianya air baku dan terbebasnya IKN dari dampak lingkungan seperti banjir dan kekeringan," ungkapnya.

.

Sementara Kepala Dinas PUPR Pera Kaltim HM Taufik Fauzi mengemukakan Rakortek mengangkat tema  KeterpaduanTindak Pengelolaan Sumber Daya Air Provinsi Kalimantan Timur untuk Indonesia dilaksanakan selama tiga hari (10 - 12 Maret) diikuti 150 peserta dari kabipaten dan kota se Kaltim.

.

"Pada Rakortek kali ini dibahas materi tentang pengendalian banjir. Selain pengelola sumber daya air program pembangunan infrastruktur SDA Kaltim," ujarnya.

.

Rakortek menghadirkan narasumber dari Kementerian PUPR, Dinas PU Kota Surabaya, Bappeda, Akademisi/Unmul dan praktisi sumber daya air. Hadir Asisten II Setkab Kukar Sukrawardi, Kadis PUPR dan Kepala Bappeda kabupaten dan kota se Kaltim.(ful/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait