Fathul Pimpin Apel Pagi Senin

Fathul Pimpin Apel Pagi Senin (syaiful/humasprovkaltim)

SAMARINDA - Apel rutin pagi dilaksanakan di Halaman Kantor Gubernur Kaltim, Senin (14/8). Hadir sebagai pembina apel Asisten Administrasi Umum HS Fathul Halim. Dalam amanatnya, mengucapkan Selamat Idul Adha 1440 Hijriah. “Sejalan dengan Idul Adha, bagi umat Islam mulai hari ini masuk Hari Tasyrik (tiga hari) yaitu 11,12, dan 13 Djulhijjah," ujarnya.

Dijelaskannya, hari Tasyrik itu intinya makan dan minum serta berzikir dan berdoa. Sedangkan jamaah haji yang ada di Mina tengah melakukan pelontaran jumroh. Juga, melakukan penyembelihan hewan qurban pada setiap hari raya Idul Adha.

Fathul menyampaikan hikmah Hari Tasyrik berupa penjemuran daging kurban dijadikan dendeng untuk bisa dimakan selama 3 hari dan beda dengan sekarang sudah ada kulkas, freezer/pendingin. "Sebenarnya hari ini hingga 3 hari kedepan itu untuk makan-makan. Semoga kedepan Biro Umum dapat memahami ini,” harapnya.

Selain itu, kalau ingin mengikuti keteladanan Nabi Ibrahin as tentu dapat mengambil hikmah dari makna Idul Adha. Yaitu, ketabahan Nabi dalam menghadapi ujian dan cobaan. 

Fathul menceritakan peberapa peristiwa yang dialami Nabi Ibrahim termasuk peristiwa istri (Siti Hajar) dan anak (Nabi Ismail) hingga adanya Air Zam-zam dan penyembelihan hewan qurban.(ayu/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait