Fatur : Perpustakaan Harus Lakukan Kerjasama

Rakor Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca

SAMARINDA - Perpustakaan perlu melakukan kerjasama dengan berbagai pihak guna meningkatkan layanan kepada pemustaka sehingga mampu meningkatkan jumlah pemustaka serta mutu layanan perpustakaan.

Hal tersebut tertuang dalam sambutan tertulis Gubernur Kaltim yang disampaikan Asisten Pemerintahan Sekprov Kaltim H Aji Sayid Fatur Rahman pada Rapat Koordinasi Pengembangan Perpustakaan dan Minat Baca se-Kaltim di Aula Balai Pustaka Badan Perpustakaan Provinsi Kaltim, Senin (23/2).

“Perpustakaan harus mampu menjalin kerjasama dengan berbagai pihak sekaligus mampu memanfaatkan sistem jejaring perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi,” katanya.

Selain itu, masyarakat juga dituntut berperan serta dalam pembentukan, penyelenggaraan, pengelolaan, pengembangan dan pengawasan perpustakaan. Mengingat pentingnya peran lembaga ini dalam mentransformasikan ilmu pengetahuan secara demokratis menuju masyarakat cerdas, kritis dan inovatif disamping sebagai pelestari nilai budaya di masyarakat.

Sejalan dengan hal itu, Pemprov Kaltim secara bertahap telah memberikan bantuan stimulan bagi berbagai jenis perpustakaan. “Bantuan bertujuan agar terjadi penguatan peran dan fungsi perpustakaan sebagai sarana pembelajaran sepanjang hayat bagi masyarakat,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Perpustakaan Kaltim Hj Sri Sulasmi Retno Wijayanti menyebutkan di Kaltim telah dikembangkan 1.820 unit perpustakaan terdiri perpustakaan umum (desa/kelurahan/kecamatan/kabupaten/kota) sebanyak 585 unit.

Selain itu, ujar Sri terdapat 1.008 unit perpustakaan sekolah dan perpustakaan perguruan tinggi 50 unit. “Perpustakaan Puskesmas sembilan unit, perpustakaan rumah ibadah 85 unit dan perpustakaan khusus (instansi) 83 unit,” sebut Sri Sulasmi Retno.

Rakor dihadiri Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Umum dan Khusus Perpusnas Deni Kurniadi dan kepala perpustakaan umum kabupaten/kota se-Kaltim.             Dalam kesempatan itu dilakukan penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan great A dan B kepada Kantor Perpustakaan Arsip dan Dokumentasi Bontang serta Perpustakaan Madrasah Aliyah Model Negeri Samarinda. (yans/sul/hmsprov)

////Foto : Asisten Pemerintahan Sayid Fatur Rahman menyerahkan sertifikat akreditasi perpustakaan kepada wakil sekolah penerima. (masdiansyah/humasprov)

 

Berita Terkait