Festival Derawan 2013 Dipastikan Sangat Meriah

SAMARINDA – Festival Derawan 2013 dipastikan akan berlangsung sangat meriah, karena panitia telah menyiapkan berbagai lomba yang digelar secara bertahap sejak Juni hingga puncak acara 20 September 2013 yang akan dihadiri Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono.

Konsultan Festival Derawan yang juga pemilik lisensi Sail Indoensia, H. Ajie Sularso menjelaskan atas kerjasama Pemprov Kaltim, Pemkab Berau dan beberapa Kementerian akan menjadikan Festival Derawan sangat meriah, bahkan setara dengan sail-sail terdahulu.

“Kita melibatkan Pengurus Besar Olah Raga di Indonesia yaitu Persatuan Olahraga Selam, Terjun Payung, Perahu Layar, dan kegiatan memancing,” jelasnya.

Selain itu, Festival Derawan juga didukung oleh beberapa kementerian yaitu Kementerian Ekonomi dan Kesejahteraan Rakyat yang akan membawa peserta Operasi Bhakti Surya Jaya, Pemuda Bahari dan Ekspedisi Kesra Nusantara.

Kementerian Kelautan dan Perikanan akan mengadakan Seminar tentang terumbu karang (Coral Triangle Initiative). Sedangkan  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif akan menampilkan promosi dalam dan luar negeri serta pemecahan rekor Guiness World of Record  untuk “Senior Dive” atau penyelam dengan batas usia 50 tahun ke atas terbanyak.

Kementerian Imigrasi juga ikut ambil bagian dalam kemudahan imigrasi, Visa on Arrival, kemudahan ijin laut lintas batas dan kepabeanan.

Dijelaskan Ajie Sularso, kegiatan Turnamen Menyelam (Diving Tournament) akan diadakan pada tanggal 23-25 Juni, sedangkan Yacht Rally dan Gamma Fishing dilangsungkan pada tanggal 12 September dengan total hadiah yang sangat besar nilainya.

Sementara acara pendukung lainnya yang dilaksanakan sejak Juni hingga September adalah pameran, seminar, pentas seni dan budaya serta panggung gembira.

“Acara puncak yaitu pada tanggal 19 dan 20 September yaitu penyambutan dan puncak acara bersama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono,” ujarnya.

Sularso berharap, semua pihak, baik perhotelan, restoran, maskapai penerbangan, transportasi darat dan masyarakat luas dapat menyukseskan ajang wisata bahari dunia ini dengan member pelayanan terbaik.

“Festival Derawan merupakan satu prestasi tersendiri bagi Indonesia dan khususnya masyarakat Kaltim dan Berau. Jika wisatawan mancanegara puas atas pelaksanaan kegiatan ini, maka Kepulauan Derawan akan menjadi satu obyek wisata bahari yang mendunia dan mendatangan keuntungan ekonomi bagi masyarakat,” ujarnya.(yul/hmsprov)

Berita Terkait
Government Public Relation