Festival Derawan Libatkan Masyarakat

SAMARINDA – Pelaksanaan Festival Derawan dipastikan melibatkan  peran serta masyarakat. Dalam sosialisasi Dinas Parwisata Provinsi Kaltim bersama Event Organizer (EO) Pro Duta Promosindo di Pulau Derawan, Kamis (5/9), masyarakat menyambut baik pelaksanaan festival tingkat internasional ini.
“Dengan sosialisasi ini kami harapkan masyarakat dapat mengetahui dan ikut mendukung Festival Derawan.  Apalagi masyarakat sebagai tuan rumah diharapkan tidak saja sebagai penonton tetapi ikut terlibat aktif di dalamnya,” ujar  Hefny Irawan dari Produta Promosindo.
Menurut Hefny,  melalui sosialisai ini,  warga Pulau Derawan mengetahui jika akan ada kegiatan Festival Derawan, apa saja kegiatan yang dilakukan dan peran apa saja yang dapat diambil masyarakat setempat.
Dari hasil sosialisasi, warga berkeinginan dapat diberdayakan dalam kegiatan Festival Derawan dan berharap kegiatan ini dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.
Sementara itu,  Kabid Pemasaran Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kaltim,  Ahmad Erwansyah mengatakan tujuan utama Festival Derawan selain untuk mengangkat potensi wisata Kaltim khususnya di Kabupaten Berau, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai keikutsertaan langsung.
Menurut dia, mayoritas masyarakat Pulau Derawan memiliki usaha yang bisa menopang perekonomian, terutama saat Festival Derawan berlangsung yaitu bisnis penyewaan rumah (home stay), restoran hingga perahu-perahu yang bisa disewakan ke wisatawan.
Masyarakat juga akan dilibatkan dalam kegiatan festival pertunjukan, misalnya  lomba memancing tradisional serta panggung hiburan masyarakat yang digelar di Pulau Derawan.
“Kita ingin festival derawan menjadi milik masyarakat Kabupaten Berau, khususnya masyarakat Pulau Derawan selaku tuan rumah. Kita menginginkan ada pemberdayaan masyarakat, sehingga perekonomian rakyat otomatis ikut meningkat,” ujarnya.(yul/hmsprov)

///FOTO : Sejumlah penginapan milik masyarakat (home stay) di Pulau Derawan yang saip mendukung sukses Festival Derawan.(dok/humasprov kaltim)


 

Berita Terkait
Government Public Relation