Festival Derawan Terus Dipromosikan

* Upaya Meningkatkan Kunjungan Wisata ke Kaltim

TANJUNG REDEB– Setelah dilaunching pada 14 Desember 2012 pada tingkat provinsi, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak bersama Bupati Berau H Makmur HAPK kembali melaunching Festival Derawan 2013 untuk tingkat Kabupaten, di Lapangan Pemuda Tanjung Redeb, Jumat (15/2) malam.

 
Gubernur Awang Faroek mengatakan, Festival Derawan 2013 merupakan salah satu kegiatan dari rangkaian Sail Komodo 2013 yang puncak acaranya dilaksanakan pada 7 September 2013. Sedangkan Festival Derawan akan dilaksanakan pada 12-20 September.

Sebelum itu, Pemprov bersama Pemkab Berau akan terus melaksanakan promosi Festival Derawan.


“Kita akan terus menerus mempromosikan Festival Derawan 2013. Termasuk nanti pada salah satu Expo Pariwisata di Berlin, Jerman, Maret nanti.  Saya berharap dengan promosi besar-besaran, jumlah wisatawan kita semakin meningkat. Karena Kaltim saat ini berdasarkan statistik dari Kementerian Pariwisata berhasil menduduki peringkat ketiga setelah Bali dan Jogjakarta,” ujar Awang Faroek di hadapan masyarakat Berau, pada Launching Festival Derawan 2013.


Menurut dia, Berau memiliki keunggulan komparatif dan keunggulan kompetitif pada sektor pariwisata yang sangat potensial, salah satunya pada gugusan kepulauan Derawan, Sangalaki, Maratua dan Kakaban. Hal itu juga didukung dengan dibangunnya Bandara Kalimarau yang dapat didarati pesawat-pesawat jet berbadan besar.


“Tidak ada kabupaten yang memiliki airport seperti Berau ini di seluruh Indonesia. Ditambah dengan keberhasilan Bandara Kalimarau yang meraih penghargaan “Potential Aiport” pada Bandara Award 2012 dari Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan.

Sekarang tinggal rute dan pesawatnya, Garuda akan masuk, Lion Air dan Maswings juga akan menyusul,” jelas Awang.


Selain itu, lanjut dia, Pemkab Berau juga harus dapat memanfaatkan peluang yang besar pada program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI), dimana Pemprov dengan dukungan Pemerintah Pusat sedang giat melaksanakannya di daerah dengan membangun pusat-pusat pertumbuhan ekonomi di kabupaten/kota se Kaltim.


Khusus untuk Berau, Gubernur Awang Faroek meminta kepada semua pemangku kepentingan di sektor pariwisata untuk mulai berbenah dan membangun diri. Dukungan dunia usaha perlu dioptimalkan dengan membangun hotel dan restoran khususnya di Tanjung Batu sebagai pintu gerbang masuknya wisatawan ke Derawan dan pulau lainnya.


“Mulai dari PHRI harus membangun hotel-hotel yang baik dan berstandar nasional, juga hotel-hotel kecil di Derawan dan Tanjung Batu.

Hotel tidak perlu harus hotel berbintang, tetapi hotel kecil yang bersih, sanitasinya bagus dan pelayanannya juga bagus, sehingga memberikan kesan nyaman kepada wisatawan yang datang,” pintanya.


Sementara itu, Bupati Berau H Makmur HAPK, mengatakan tujuan launching Festival Derawan 2013 di tingkat Kabupaten Berau ini adalah dalam rangka memberikan informasi kepada masyarakat bahwa Berau benar-benar dipercaya untuk melaksanakan Festival Derawan bersama dengan pelaksanaan Sail Komodo 2013.


“Harapan saya, kepada seluruh masyarakat mari bersama-sama kita memberikan dukungan penuh. Apapun namanya yang penting kita dapat melaksanakan dengan sebaik-baiknya. Tidak cukup dengan keindahan wisata bahari, sejarah, budaya dan alam kita, tetapi yang tidak kalah pentingnya, masyarakat dapat mensukseskan Festival Derawan 2013 yang diyakini bisa memberikan dampak positif bagi perekenomian masyarakat,” katanya. (her/hmsprov).

//Foto: BERAU BANGKIT. Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak (kedua dari kanan) bersama Bupati Berau H Makmur HAPK (keempat dari kiri) pada malam launching Festival Derawan 2013. (heru/humasprov kaltim)
 

Berita Terkait