Festival Kemilau Ajang Eksploitasi Seni Budaya Kaltim


 

SAMARINDA – Samarinda akhirnya keluar sebagai juara umum Festival Kemilau X Kaltim 2016 yang diikuti seluruh kabupaten/kota di Benua Etam. Samarinda  berhak membawa pulang trofi bergilir Gubernur Kaltim.

Trofi bergilir diserahkan Staf Ahli Bidang Pertanian, SDA dan Lingkungan Hidup Marlon Ivanhoe Aipasha mewakili Gubernur Kaltim dan didampingi Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kaltim HM Aswin.

Dalam sambutan tertulis, Gubernur Kaltim sangat mengapresiasi festival yang menampilkan berbagai khasanah seni dan budaya  daerah tersebut.

“Kegiatan ini terus kita dorong menjadi daya tarik wisatawan dan mampu memacu peningkatan kunjungan wisata ke Kaltim,” katanya pada penutupan Festival Kemilau ke X Kaltim 2016 di halaman parkir Convention Hall Sempaja Samarinda, Senin (26/9).

Selain itu, potensi daerah berupa keindahan alam maupun kekayaan seni dan budaya serta keragaman dan corak (etnis) masyarakat terus dikembangkan dan dieksploitasi guna mendukung pembangunan sektor kepariwisataan Kaltim.

Apalagi lanjutnya, sektor kepariwisataan sudah menjadi salah satu lokomotif dan penunjang pertumbuhan ekonomi Kaltim.

“Festival ini salah satu dukungan dan upaya Pemprov untuk mengeksploitasi kekayaan seni dan budaya pada masing-masing daerah agar menjadi khasanah Kaltim, sehingga diketahui umum bahkan masyarakat mancanegara,” jelasnya.

Menurut dia, tidak hanya pengembangan seni dan budaya maupun pembenahan objek-objek wisata. “Pemprov juga membangunkan bandara, pelabuhan, jalan dan jembatan guna memudahkan akses ke lokasi wisata di daerah,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim HM Aswin menyebutkan tidak kurang 6.000 pengunjung datang ke Festival Kemilau Kaltim selama berlangsung empat hari sejak 23-26 September.

“Minat dan respon masyarakat datang ke Convention Hall Sempaja untuk menyaksikan Festival Kemilau ini sangat tinggi walaupun hanya empat hari digelar,” ujar Aswin.

Dia mengharapkan angka itu dijadikan kontribusi bagi Samarinda meningkatkan jumlah kunjungan wisata. Sekaligus, dukungan mewujudkan target nasional kunjungan 20 juta wisatawan ke Indonesia.

Festival Kemilau Seni Budaya X Kaltim 2016 menggelar pemilihan Putri Pariwisata dan Duta Wisata Kaltim, lomba kuliner tradisional, pawai budaya dan lomba busana kreasi motif batik daerah Kaltim.

Lomba tari kreasi daerah pedalaman dan pesisir, lomba musik dan lagu kreasi daerah serta pameran (expo) pariwisata. (yans/sul/es/humasprov)

Berita Terkait