Festival Kemilau Bakal Dimeriahkan Cita Citata

Festival Kemilau Bakal Dimeriahkan Cita Citata

 

SAMARINDA - Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kaltim HM Aswin mengatakan berbagai persiapan terus dilakukan jelang pelaksanaan Festival Kemilau Seni Budaya Benua Etam ke-9 yang akan dihelat di komplek Stadion Madya Sempaja, Samarinda, 12-16 November 2014. 

Sejumlah acara akan ditampilkan mulai dari pembukaan festival kemilau, parade budaya, carnaval seni kreatif, tari kreatif, tari kreasi daerah pedalaman dan pesisir, musik dan lagu daerah, olahraga tradisional dan Kemilau Nasional Expo. Kegiatan rutin yang juga akan digelar adalah olahraga tradisional menyumpir, belogo dan begasing.

"Sehari sebelumnya di tempat yang sama, kita juga akan menggelar Grand Final Putri Pariwisata Kaltim 2014. Ini kegiatan yang berbeda, namun waktu pelaksanaanya kita dekatkan. Kita berharap Festival Kemilau tahun ini akan lebih meriah dan lebih menarik pengunjung," kata Aswin, Senin (10/11).

Aswin menjelaskan, ajang ini adalah ajang kompetisi dalam rangka meningkatkan kreasi seni masing-masing daerah. Pemerintah daerah memiliki tanggung jawab menumbuhkan  grup-grup kesenian yang bagus di daerah binaan kabupaten/kota terkait seni budaya Kaltim.

Sedangkan untuk pelaksanaan parade budaya atau pawai budaya akan dipisahkan dengan parade karnaval.  "Kami juga mengundang kreasi seni budaya masyarakat lain yang juga hidup dan berkembang di Kaltim. Parade ini akan digelar pada 13 November pukul  14.00 Wita. Beberapa daerah sudah memastikan rencana kehadiran mereka diantaranya dari Banyuwangi (Jatim), Buton (Sultra), Bali, Bugis (Sulsel), Lombok (NTB) dan lainnya.

Kegiatan lain yang dipastikan juga akan menarik perhatian masyarakat untuk berkunjung adalah gelaran Kemilau Nasional Expo di lokasi yang sama. Expo tahun ini diprediksi akan jauh lebih ramai di banding tahun-tahun sebelumnya karena banyak provinsi telah menyatakan siap berpartisipasi.

"Untuk menyemarakkan Festival Kemilau tahun ini, masyarakat Kaltim akan dihibur Band Geisha pada pembukaan festival 12 November, sedangkan pada saat penutupan 16 November, masyarakat akan dihibur pedangdut yang saat ini sedang hit, Cita Citata," ungkap Aswin. (sul/es/hmsprov).

///FOTO : Penampilan salah satu peserta pada Festival Kemilau tahun lalu.(dok/humasprov)

 

Berita Terkait
Government Public Relation