Festival Muharram Semarakan Tahun Baru Islam, Jauhar : Menggugah Semangat Kebangkitan Islam


SAMARINDA - Mewakili Gubernur Kaltim, Pelaksana tugas Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pemkesra) Sekretariat Daerah Provinsi Kaltim HM Jauhar Efendi menghadiri Karnaval Festival Muharram 1.000 Anak Yatim.

Kegiatan yang digagas Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kaltim ini dalam rangkaian perayaan Tahun Baru Islam, 1 Muharram 1441 Hijriah. Kegiatan dipusatkan di Halaman Masjid Baitul Muttaqien Islamic Centre Kaltim Jalan Slamet Riyadi Samarinda, Minggu (7/9/2019).

Pemprov Kaltim sangat mengapresiasi Baznas atas diselenggarakannya karnaval Muharram sebagai kegiatan positif bagi generasi muda Islam. Sekaligus momen mengingatkan kembali kebangkitan dan semangat umat Islam. "Saat ini kita sudah memasuki 9 Muharram. Namun semangat tahun baru Islam perlu dimiliki generasi muda kita. Momen ini positif untuk menggugah kebangkitan dan semangat umat Islam," kata Jauhar.

Melalui karnaval ini lanjutnya, terlihat potensi umat Islam yang beragam dan beraneka warna dengan bermacam coraknya menunjukkan kekuatan dan spirit kebangkitan generasi muda umat Islam di era millenium abad ke-21.

Sementara Ketua BAZNAS Kaltim, Fachrul Ghazi mengemukakan festival bertujuan agar masyarakat tahu bahwa menyalurkan zakat, infaq, dan sedekag tidak hanya saat Ramadhan, melainkan bisa dilakukan sepanjang tahun.

"Ingin mereka (anak yatim) tersenyum tidak hanya Ramadhan saja, tapi sepanjang masa. Melalui kegiatan seperti ini mereka pasti senang dan bergembira," katanya.

Fachrul Ghazi berharap terbangun kepercayaan masyarakat menyalurkan zakat, infaq, dan sedekah melalui lembaga resmi seperti BAZNAS. Harapannya dapat dikelola dengan baik untuk kesejahteraan ummat.

Karnaval Festival Muharram 1.000 Anak Yatim diisi dengan berbagai kegiatan diantaranya lomba habsy 12 peserta, tabligh akbar, pawai 1.000 anak yatim, lomba mewarnai, talkshow tentang zakat tumbuh bermanfaat di Kaltim, pembagian sovenir, hiburan penampilan marching band, termasuk bazar khusus bagi anak yatim dengan menukarkan kupon untuk membeli, serta penyerahan santunan bagi 1.000 anak yatim.(yans/her/humaaprovkaltim)

Berita Terkait