Finalisasi Lomba Pokdarwis Kaltim 2019

ist

SAMARINDA - Dipastikan sembilan kelompkk dari sembilan kabupaten dan kota mengikuti Lomba Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Tingkat Provinsi Kaltim 2019.

Lomba digagas Dinas Pariwisata (Dispar) Kaltim secara resmi dibuka Kepala Dispar Kaltim Hj Sri Wahyuni di Ballroom Hotel Grand Sawit Jalan Basuki Rahmat Samarinda, Kamis (31/10/2019).

Sembilan peserta Lomba Pokdarwis Kaltim 2019 terdiri Pokdarwis Pasir Mayang Paser, Tiram Tambun Penajam Paser Utara, Kampoeng Kenangan Balikpapan, Beniung Lestari Kutai Barat, Banuanta Berau, Teluk Kaba Kutai Timur, Masdarling Bontang, Wisata Budaya Pampang Samarinda dan Marangan Harapan Utama Kutai Kartanegara.

Menurut Sri Wahyuni, Pokdarwis merupakan para penggiat pariwisata di daerah. Kelompok ini menjadi bagian dari kemajuan dan pengembangan usaha dan kegiatan kepariwisataan daerahnya.

"Pokdarwis ini bagian dari destinasi wisata di masing-masing daerahnya. Bagaimana masyarakat sadar akan potensi wisatanya dan memeliharanya serta mengembangkan menjadi tujuan wisata berimbas pada ekonomi mereka," ujar Wahyuni.

Lomba ini lanjutnya, salah satu upaya pemerintah ingin melihat sejauhmana dan apa saja yang dilakukan kelompok ini untuk potensi wisatanya.

Sementara Kepala Bidang Usaha Jasa Pariwisata Dispar Kaltim Hj Srie Iriana menyebutkan lomba melalui penjurian dari berbagai lembaga dengan menilai identitas dan profil, program kerja, penerapan Sapta Pesona, potensi wisata, produk kerajinan dan fasilitas pendukung.

Lomba dihadiri pimpinan perangkat daerah Pemprov Kaltim, kepala Dispar kabupaten dan kota se Kaltim, PHRI, Asita, Pramuwisata (guide wisata) dan akademisi.(yans/her/humasprovkaltim)

Berita Terkait