Kalimantan Timur
FK Unmul: Hasil Swab Bisa Sehari

Wagub H Hadi Mulyadi dalam kunjungannya di FK Unmul. (riyan/humasprov kaltim).

SAMARINDA - Provinsi Kaltim terus berupaya mencegah penularan Covid-19. Salah satunya mengefektifkan laboratorium kesehatan yang dimiliki Pemprov Kaltim maupun lembaga lainnya seperti yang dimiliki Fakultas Kedokteran Unmul (FK Unmul).

 

Bahkan, Dosen Mikrobiologi FK Unmul dr Yadi mengatakan, hasil Swab setelah dilakukan tes masuk dalam laboratorium, maka hasilnya bisa terlihat dalam satu hari.

 

 

"Idealnya hanya sehari sudah bisa memperoleh hasil. Dengan syarat tidak ada pengulangan pada sampel. Selambat-lambatnya dua hari karena harus mulai dari awal lagi pemeriksaannya. Kalau masih meragukan kami akan panggil lagi pasiennya untuk swab ulang," jelas dr Yadi kepada Tim Berita Biro Humas Setprov Kaltim, Senin (27/7).

 

 

Menurut Yadi, Laboratorium yang melakukan pemeriksaan untuk konfirmasi Covid-19 lainnya mungkin juga memilki kendala yang sama. Yang jelas ujarnya, semua lab berusaha untuk melakukan optimalisasi kapasitas pemeriksaan.

 

 

Bahkan, ada laboratorium yang menggunakan sistem robotik untuk pemeriksaan, sehingga jumlah dan waktu pemeriksaan bisa dioptimalkan.

Yadi menyebutkan, ada tiga tahapan utama dalam pemeriksaan sampel Covid-19. Yakni, melakukan ekstraksi atau isolasi RNA, pencampuran reagen kimia yang dibutuhkan dan deteksi PCR.

 


"Ketiga proses ini bisa dilakukan secara manual, juga otomatis menggunakan sistem robotik. Bila menggunakan sistem robotik maka pengerjaan sampel akan lebih cepat dengan jumlah lebih banyak," jelasnya.

Hingga saat ini, untuk mendukung Lab FK Unmul ada beberapa orang yang sedang dipersiapkan untuk membantu.

"Dua tenaga analis dari Unmul yang siap untuk membantu," jelasnya.(jay/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Penyuntikan Perdana di Kaltim Siap
Penyuntikan Perdana di Kaltim Siap

12 Januari 2021 Jam 14:19:49
Kesehatan

Kesehatan Program Utama
Kesehatan Program Utama

16 Agustus 2013 Jam 00:00:00
Kesehatan