FKDM Dibentuk Tingkat Kacamatan dan Kelurahan

SAMARINDA -  Sesuai tugas dan fungsinya, Forum Kawaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) memiliki tanggung jawab untuk menjaring, menampung, mengkoordinasikan, mengkomonikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan. Maka dari itu, FKDM akan dibentuk di tingkat kecamatan  sampai kelurahan.

Penegasan tersebut disampaikan Sekretaris Umum Forum Kawaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) Kaltim H Mahmud.  Menurutnya sebagai lembaga yang sudah lama terbentuk, FKDM sudah memiliki kemampuan temu cepat dan lapor cepat, baik di tingkat provinsi, kabupaten/kota bahkan sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan.

"FKDM menjadi ujung tombak pengumpulan informasi  terkait dengan potensi ancaman di daerah, maka FKDM akan terus dibentuk sampai ke tingkat kecamatan dan kelurahan, dimana sekarang ini sudah ada beberapa daerah yang melaksanakannya," kata Mahmud di sela-sela acara Rakor FKDM Provinsi Kaltim dan kabupaten/kota se-Kaltim, Rabu (18/5) lalu.

Keberadaan FKDM juga dapat membantu pemerintah dalam pencegahan awal terhadap ancaman di daerah masing-masing,  bukan saja mendeteksi masalah konflik tetapi juga gangguan lainnya seperti penyalahgunaan Narkoba yang sudah merambah sampai ke pedesaan.  

"FKDM yang sudah terbentuk di tingkat kecamatan dan kelurahan di masing-masing daerah, diharapkan dapat juga membantu pemerintah maupun lembaga terkait  dalam upaya memberantas  penyalahgunaan narkoba," harapnya. (mar/sul/humasprov)

Berita Terkait
Government Public Relation