FKDM Ikut Andil Dalam Suksesnya Pembangunan Kaltim

Rapat Kerja FKDM Kaltim 2014

  

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak mengatakan Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) bersama empat forum lainnya yang terbentuk di Kaltim memiliki peran penting dan strategis dalam menciptakan suasana yang aman dan kondusif di daerah ini.

  Demikian disampaikan Gubernur Kaltim melalui Asisten Pemerintahan Setprov Kaltim AS Faturrahman saat membuka Rapat Kerja (Raker) FKDM Kaltim 2014 di Kartanegara Room Hotel Bumi Senyiur Samarinda, Jumat (19/12) malam.

   "Raker FKDM ini sangat penting sebagai forum penyusunan program-program kerja dan mendapatkan berbagai masukan penting dari para narasumber dalam rangka mengatasi dan mengeliminir besarnya gangguan dan ancaman terhadap permasalahan keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat yang ada di Kaltim," kata gubernur.

  Terlebih, ujar dia, Pemprov memiliki Visi Kaltim Maju 2018, yakni ”Mewujudkan Kaltim sejahtera yang merata, berkeadilan berbasis agroindustri dan energi ramah lingkungan”, dengan slogan “Membangun Kaltim untuk Semua”. Dalam menjalankan visi tersebut, Pemprov tidak bisa bekerja sendiri, melainkan perlu dukungan seluruh lapisan masyarakat, tidak terkecuali FKDM bersama forum-forum lainnya.

  Visi dan slogan tersebut, lanjut dia, sebenarnya mengandung nilai yang sangat penting dan menjadi tekad Pemprov Kaltim, agar pembangunan dapat dilaksanakan secara menyeluruh dan menyentuh seluruh lapisan masyarakat dan berkeadilan dengan tujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat tanpa membeda-bedakan suku, agama, kelompok, partai politik dan identitas lainnya.

  Berkat dukungan seluruh lapisan masyarakat, pembangunan di Kaltim hingga kini berlangsung dengan baik dan hasil-hasilnya pun telah dapat dirasakan bersama. Keberhasilan pembangunan tersebut juga tidak lepas dari peran FKDM bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB), Forum Koordinasi Pencegahan Teroris (FKPT), Forum Pembauran Kebangsaan (FKP) dan Forum Komunikasi Pengusaha (FKP).

  "Bagi Pemprov Kaltim tidak ada kata berhenti dalam membangun. Justru pembangunan di berbagai bidang dan di berbagai sektor yang menjadi hajat keinginan seluruh masyarakat Kaltim, akan terus ditingkatkan, sehingga terwujud Kaltim yang maju dan masyarakatnya mendapatkan kemakmuran, kesejahteraan dan keadilan," jelasnya.

  Untuk itu, Gubernur Kaltim mengimbau kepada jajaran FKDM untuk terus meningkatkan kebersamaan dan partisipasi terhadap pembangunan. Dengan menjalin persatuan dan setiap etnis menjadi satu kesatuan dalam warga besar masyarakat Kaltim. Tidak menonjolkan derajat atau kehebatan suatu suku dan agama dengan suku dan agama lainnya, tetapi hidup secara harmonis, rukun, penuh toleransi, gotong-royong dan saling menghormati.

  "Pegang teguh nasihat nenek moyang kita, di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung," ucapnya.

   Selain itu, melalui FKDM, diminta kepada seluruh lapisan masyarakat untuk dapat hidup saling berdampingan. Bekerja, berkarya dan bersama-sama membangun Kaltim dengan meningkatkan persatuan dan kesatuan serta mewaspadai terhadap hal-hal yang dapat mengganggu keamanan dan ketertiban di dalam masyarakat

  "Mari kita hilangkan perbedaan, bersama merajut persatuan dan kesatuan bangsa untuk memperkokoh ketahanan nasional dalam kebhinnekaan, menyukseskan pembangunan, menuju masyarakat Indonesia yang maju dan mencapai keadilan serta kesejahtera. Karena, Kaltim ini seperti Indonesia mini, dengan persatuan dan kesatuanlah kita dapat membangunnya," pungkasnya.

   Hadir pada kesempatan itu, Ketua DPRD Kaltim HM Syahrun, Danrem 091/ASN Brigjen TNI Nono Suharsono, Kabinda Kaltim Brigjen TNI Gatot Eko Puruhito, Pembina FKDM Kaltim HM Jos Soetomo, ketua maupun perwakilan FKUB, FKPT, FPK dan FKP Kaltim, serta pengurus FKDM Kaltim dan kabupaten/kota se-Kaltim. (her/sul/hmsprov)

Berita Terkait