Fokus Utama Kurangi Jumlah Pengangguran

Serah Terima Jabatan Kadisnakertrans Kaltim

SAMARINDA - Jabatan Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kaltim resmi diserahterimakan dari pejabat sebelumnya, HM Djailani kepada Pelaksana Tugas (Plt) Kadisnakertrans Kaltim, Usriansyah. Serahterima jabatan digelar bersamaan dengan buka puasa bersama jajaran Disnakertrans Kaltim dengan manajemen SKK Migas dan Total E&P. Sementara Gubernur Kaltim diwakili Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali.

Usai serahterima, Plt Kadisnakertrans Kaltim Usriansyah yang juga menjabat Kepala Bidang Pengawasan Tenaga Kerja, mengatakan, pihaknya akan bergerak cepat untuk melanjutkan program yang sudah dirintis para kepala dinas sebelumnya.      

"Tugas yang diamanahkan Gubernur ini sesungguhnya sangat berat, tetapi dengan dukungan dan kebersamaan seluruh jajaran Disnakertrans Kaltim, maka saya yakin amanah ini akan mampu kita tuntaskan dengan baik," kata Usriansyah.

Usrianyah menyebutkan, setidaknya ada tiga hal penting yang akan menjadi fokus utama jajaran Disnakertrans Kaltim. Pertama mengoptimalkan berbagai program dan kegiatan dalam upaya menekan angka pengangguran. Kedua meningkatkan kesejahteraan tenaga kerja dan ketiga membangun iklim investasi yang berdaya saing dengan tingkat kondusifitas kerja yang baik.

Upaya menekan jumlah pengangguran akan dilakukan dengan membuka peluang kerja yang lebih luas. Selain itu juga akan dilakukan identifikasi kebutuhan latihan kerja dan intervensi pasar kerja. Upaya ini dilakukan agar peluang kerja bisa tergambar dengan sangat gamblang sehingga model pelatihan yang diperlukan bisa dipadukan.

"Untuk mengisi peluang-peluang kerja itu, selanjutnya perlu dilakukan berbagai pelatihan dan para peserta yang lolos nantinya akan dilengkapi dengan sertifikasi dan dimagangkan ke perusahaan-perusahaan. Ini prioritas kami sehingga ke depan kita harapkan pengangguran di Kaltim akan turun secara signifikan," yakin Usriansyah.

Sementara itu Asisten Kesejahteraan Rakyat Setprov Kaltim H Bere Ali, menyampaikan pesan Gubernur Awang Faroek Ishak agar Plt Kadisnakertrans dapat terus membangun kekompakan dan soliditas agar pelaksanaan program dapat berjalan sesuai rencana dengan prestasi kerja yang baik.

"Hal utama yang dipesankan Pak Gubernur, jaga kekompakan dan soliditas. Kampanyekan terus iklim kerja yang kondusif  sehingga pengusaha juga merasa aman menginvestasikan dana mereka di Kaltim. Kontinuitas terjaga dan kesejahteraan tenaga kerja juga terpenuhi dengan baik," kata Bere Ali.        

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan kepada yatim piatu dari sejumlah pondok pesantren. Penyerahan bantuan secara simbolis dilakukan oleh Asisten Kesejahteraan Rakyat H Bere Ali. (sul/es/hmsprov)

 

////Foto : Asisten Kesra H Bere Ali menyerahkan bantuan karyawan Disnakertrans Kaltim kepada para yatim piatu di sela acara buka puasa bersama dan serahterima jabatan Kadisnakertrans Kaltim. (samsul/humasprov)

 

 

Berita Terkait
Government Public Relation