Forkopimda Siap Sukseskan Perluasan Kilang Minyak Balikpapan

 

SAMARINDA - Pemprov Kaltim siap mendukung dan menyukseskan perluasan pembangunan kilang minyak Balikpapan. Dukungan juga datang dari Kodam VI Mulawarman, Polda Kaltim, Kejati Kaltim, Korem 091 ASN. Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) siap mendukung rencana PT Pertamina tersebut. 

 

Hal tersebut ditegaskan Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak ketika memimpin rapat persiapan kedatangan Presiden Joko Widodo dalam rangka groundbreaking pembangunan perluasan kilang minyak Pertamina Balikpapan atau Refinery Development Masterplan Program (RDMP) Refinery Unit (RU) V Balikpapan oleh Presiden RI.   

 

Termasuk mengenai penandatangan nota kesepahaman tentang kerjasama program pelatihan calon tenaga kerja pembangunan perluasan kilang minyak Pertamina Balikpapan, di Ruang Ruhui Rahayu Kantor Gubernur Kaltim, Jumat (5/1). 

 

Hadir pada rapat tersebut, Pangdam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji, Wakapolda Kaltim Brigjen Pol Naufal Yahya, Danrem 091 ASN Brigjen TNI Irham Waroihan, Asisten Pemerintahan dan Kesra Setprov Kaltim Hj Meiliana, Asisten Ekonomi dan Administrasi Pembangunan Ichwansyah, Asisten Administrasi Umum Bere Ali dan Bupati Paser Yusriansyah Syarkawi, Walikota Bontang Neni Moerniaeni dan Perwakilan Pemkot Balikpapan serta pejabat Eselon II di lingkungan Pemprov Kaltim. 

 

Awang mengatakan prinsipnya dengan terbangun proyek strategis nasional ini diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat Kaltim. Karena itu, Awang bertekad tetap meminta kepada Pertamina untuk menerima SDM asal Kaltim mendukung pengembangan perluasan pembangunan kilang minyak di Balikpapan dengan menerima SDM yang dimiliki Kaltim. Rencananya dimulai awal tahun ini. "Baru ini pihak BUMN mau menerima usulan kami. Semoga ini menjadi bagian dari langkah nyata peningkatan kesejahteraan rakyat yang dibangun pemerintah di era Presiden Jokowi," kata Awang Faroek Ishak. 

 

Selain itu, melalui adanya kilang ini mendukung daerah dalam kebutuhan BBM. Sehingga kebutuhan BBM di Kaltim semakin terjamin kualitas maupun keberadaannya. Artinya, ketersediaan BBM di Kaltim selalu ada dan dapat dinikmati masyarakat, karena  kilang ada di provinsi ini. "Kita harapkan tidak ada lagi kelangkaan BBM di Kaltim. Termasuk harganya juga sama. Baik di kota maupun di perdesaan," harap Awang.  

 

Selain itu, terkait pengamanan, Awang meminta agar pihak TNI dan Polri terus berkoordinasi, sehingga kunjungan Presiden Jokowi nanti berjalan baik dan sukses.  (jay/sul/humasprov)

 

Berita Terkait