Formi Dukung Lestarikan Budaya dan Olahraga Masyarakat

Formi Dukung Lestarikan Budaya dan Olahraga Masyarakat

 

SAMARINDA-Kebugaran dan kesegaran jasmani merupakan hal terpenting dalam mempertahankan kesehatan tubuh. Namun, melalui olahraga rekreasi kebugaran tubuh mampu menginspirasi pertumbuhan pikiran, tubuh dan jiwa.

Menurut Ketua Umum Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (Formi) Kaltim Hj Encik Widyani, even olahraga kesegaran dan kebugaran 2014 merupakan dukungan organisasi ini untuk melestarikan budaya dan olahraga masyarakat.

Karenanya, olahraga rekreasi yang dikembangkan Formi Kaltim sangat sesuai dengan kegemaran dan kemampuan tubuh serta berkembang sesuai kondisi nilai budaya masyarakat yang ada di kabupaten dan kota di Kaltim.

“Olahraga rekreasi merupakan olahraga yang mengarah kepada aktivitas gerak yang bertujuan untuk kesenangan dan kesegaran. Kegiatan ini bagian upaya melestarikan budaya daerah karena ada bagian rekreasi (wisata seni),” kata Encik Widyani, Minggu (16/11).

Selain itu, kegiatan Formi Kaltim sebagai upaya mendukung terciptanya sumber daya manusia (SDM) Kaltim  yang lebih berkualitas dan berdaya saing melalui sektor olahraga yang dilakukan memuat unsur rekreasi atau budaya dan seni daerah.

Sesuai tekad Gubernur Awang Faroek Ishak untuk terciptanya SDM yang berkualitas, berdaya saing dan memiliki kemampuan serta terampil sehingga mampu membangun dan memajukan Kaltim serta menyejahterakan masyarakat.

Even-even olahraga rekreasi yang digelar secara rutin merupakan salah satu bagian dari upaya Formi Kaltim guna menyehatkan dan membangun kebugaran masyarakat Kaltim sehingga akan tercipta generasi mencintai serta melestarikan budaya dan olahraga daerah. 

Olahraga rekreasi merupakan perpaduan olahraga dan budaya namun mengutamakan kesenangan jiwa dan raga. Secara spesifik olahraga rekreasi dalam kehidupan sosial guna  mengembangkan rasa menghargai dan mencintai lingkungan serta melestarikannya.

“Olahraga rekreasi lebih pada disesuaikan dengan potensi dan kondisi masyarakat. Jujur, Kutai Barat adalah salah satu daerah yang potensial untuk pengembangan olahraga rekreasi karena banyak budaya masyarakat masuk kategori olahraga,” jelas Encik Widyani.

Termasuk Kabupaten Kutai Kartanegara dan Kutai Timur juga Berau dan Paser yang memiliki potensi besar. Namun perlu upaya-upaya dengan frakuensi tinggi di seluruh pemangku olahraga daerah untuk menggali dan mengembangkannya.

Encik Widyani mengakui dukungan Pemerintah Provinsi Kaltim khususnya melalui Dinas Pemuda dan Olahraga sangat tinggi bagi pengembangan olahraga rekreasi masyarakat dengan menggelar berbagai pertandingan di berbagai even olahraga daerah. 

Sementara itu menurut Panitia Pelaksana even olahraga kesegaran dan kebugaran 2014 Muhammad Jali, olahraga rekreasi yang gelar apada ajang kali ini mempertandingkan olahraga senam aerobic (pemula dan instruktur/juara), lomba begasing dan lomba menyumpit.

“Olahraga rekreasi kali ini dipadukan olahraga tradiosional (menyumpit dan begasing) juga senam aerobic (olahraga modern) namun tetap mengandung unsur budaya sebagai upaya pelestarian khasanah daerah,” ujar Muhammad Jali. 

Even yang digelar di Halaman Kantor Gubernur Kaltim dihadiri ratusan warga dari enam kabupaten dan kota di Kaltim yakni Samarinda sebagai tuan rumah, Kutai Timur, Bontang, Kutai Kartanegara dan  Kutai Barat serta Balikpapan. Kedepan, kegiatan atau even olahraga rekreasi akan lebih dikembangkan di seluruh wilayah Kaltim. (yans/sul/hmsprov)

//Foto: Ketua dan pengurus Formi Kaltim bersama para juara pada even Olahraga Kesegaran dan Kebugaran 2014. (masdiansyah/humasprov kaltim)

 

Berita Terkait