Fortesque Minati Sungai Mahakam

Foto : Kyky Al Hinduan

SAMARINDA - Magnet Kaltim semakin tak terbendung. Meluas menyebar menyiratkan pesona. Rencana pemindahan ibu kota negara ke Bumi Etam menjadi salah satu rona pemikatnya.

.

Satu grup perusahaan asal Australia, Fortesque Metals Group (FMG) menyampaikan minat mereka Kamis pagi tadi, saat bertemu Gubernur Isran Noor di Kantor Gubernur.

.

"Kami sangat tertarik untuk melakukan investasi hydro power di Kalimantan, termasuk Kalimantan Timur," kata Deputy Chief Executive Officer FMG, Julie Shuttleworth dalam bahasa Inggris.

.

Kepada Gubernur Isran Noor, Julie Shuttleworth menyampaikan ketertarikan mereka dengan potensi Sungai Mahakam untuk pengembangan hydro power (Pembangkit Listrik Tenaga Air/PLTA). 

.

Perusahaan yang dimiliki oleh orang terkaya di Australia, Andrew Forrest ini, juga memiliki komitmen tinggi terhadap keberlanjutan lingkungan hidup dan kesejahteraan masyarakat. Mereka juga berharap agar kehadiran FMG memberikan benefit tersendiri bagi masyarakat Kaltim.

.

"Kami ingin mengembangkan energi bersih yang ramah lingkungan (green energy). Dan masyarakat juga mendapat benefit dari keberadaan kami di sini," tambah Julie.

.

Mereka berencana membangun bendungan dan PLTA untuk menyediakan listrik bersih untuk industri dan masyarakat. Mereka juga siap menyuplai kebutuhan listrik ibu kota negara baru nantinya.

.

Saat ini, mereka sedang melaksanakan studi dan melihat lokasi potensial untuk investasi ini. Mereka ingin memulai segera proses begitu studi untuk menentukan lokasi potensial selesai. 

.

"Very good news, welcome. We will support you," Gubernur Isran memberi respon. Diskusi berlangsung menarik dan hangat dan lancar. (sul/her/yans/humasprovkaltim)

Berita Terkait