Forum Anak Wadah Penyampaian Aspirasi Anak

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak berharap  Forum Anak Kaltim (FAK)  menjadi wadah atau wahana dan pranata pemenuhan hak anak dalam fasilitasi pemerintah untuk menyampaikan pendapat dan aspirasi anak.
"Forum ini juga dapat dimanfaatkan sebagai media untuk menuntut bila terdapat hak anak yang belum terpenuhi. Forum Anak hendaknya dapat menjadi media mengekspresikan pandangan dan pemikiran anak secara bebas namun tetap mempertimbangkan nilai-nilai dan kearifan lokal," kata Kepala Badan  Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Berencana Kaltim Hj Ardiningsih, saat mewakili Gubernur Awang Faroek Ishak  membuka Pertemuan Forum Anak Kaltim, di Samarinda Minggu malam (9/6).
Komitmen Pemprov Kaltim lanjut Awang adalah mendorong pembentukan Forum Anak di kabupaten dan kota. Saat ini sudah terbentuk Forum Anak di 13 kabupaten dan kota dan satu Forum Anak di  tingkat provinsi. Satu kabupaten lagi yang akan terus didorong agar segera membentuk Forum Anak, yakni Kabupaten Kutai Barat.
"Forum Anak diharapkan dapat mendorong dan menciptakan iklim dan suasana yang kondusif serta kompetitif agar anak lebih aktif. Mereka juga  perlu terus diarahkan, bukan hanya  menuntut  hak, tetapi juga membiasakan anak  untuk melaksanakan  kewajibannya," ungkapnya.
Terkait pertemuan Forum Anak Kaltim ini, diharapkan dapat diperoleh hubungan dan interaksi positif serta harmonis diantara anak-anak. Forum ini sekaligus akan menjadi wadah partisipasi anak yang harus dikembangkan menjadi anak bangsa yang aktif serta meningkatkan kapasitas anak untuk memahami kewajiban dan melestarikan nilai-nilai luhur budaya bangsa dan kebhinekaaan serta rasa nasionalisme yang dikemas secara kreatif.
Dijelaskannya, Kaltim merupakan salah satu provinsi yang ditunjuk dari sepuluh provinsi di Indonesia, sebagai provinsi pengembang kabupaten dan kota layak anak. Ditunjuk sebagai pengembangan kota layak anak tentunya harus mendapat dukungan semua pihak, termasuk dukungan dari pemerintah kabupaten dan kota.
Ketua Penyelenggara Pertemuan Forum Anak Kaltim 2013 Noor Adinani mengatakan, peserta pertemuan forum anak berjumlah 40 orang berasal dari utusan Forum Anak se-Kaltim serta sekolah lembaga masyarakat.  Materi diberikan dalam bentuk kegiatan presentasi, diskusi kelompok, kepemimpinan dan kebersamaan, pembimbingan mental dan rohani dan  perumusan rekomendasi oleh Forum Anak Kaltim. Acara juga diisi dengan kegiatan outbond yang berlangsung 9 hingga 11 Juni.
Peserta terbaik akan mewakili Kaltim pada kegiatan Forum Anak Nasional.  Pertemuan Forum Anak ini menghadirkan nara sumber, diantaranya Deden A Ariffan dari Lab School Jakarta, Kepala Bandiklat Kaltim, Syafrudin Pernyata, Kepala BPPKB Kaltim Hj Ardiningsih dan Muran Gautama dari Lembaga Perlindungan Anak Kaltim. (sar/hmsprov).

Berita Terkait