Forum Anak Pacu Potensi Generasi Bangsa

Halda Arsyad

SAMARINDA - Forum anak sebagai wadah partisipasi anak memiliki andil besar dalam pembangunan generasi emas bangsa melalui berbagai kegiatan positif dalam mengembangkan bakat, minat dan potensi diri. "Forum anak terdiri dari para remaja dan pelajar menjadi wadah memacu pengembangan diri dan potensi generasi penerus bangsa," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DKP3A) Kaltim Halda Arsyad, Senin (16/7). 

Didampingi Kasubbid Tumbuh Kembang Anak, Siti Mahmudah Indah Kurniawati, Halda menuturkan terdapat lima potensi diri yaitu potensi akal, sosial, jasmani, spiritual dan perasaan.  

Menurut dia, anak sebagai harapan setiap orang tua dan  keluarga juga  harapan  bangsa  dan  negara  bahkan dunia di masa yang akan datang.  Oleh sebab itu, hal  yang  krusial  sekaligus  komitmen bersama  untuk  memenuhi  hak-hak  anak sebagai  manusia  serta  mewujudkan  dunia yang layak bagi anak.

Peran aktif Forum Anak cukup strategis dalam mengawal proses perumusan pembangunan yang masih minim dengan melibatkan anak.  Padahal, anak memiliki peran dalam pembangunan sekecil apapun dan peran komunikasi sangat penting dalam pengembangan anak. Komunikasi salah satu yang krusial dalam kehidupan manusia sebab tanpa etika komunikasi dapat terjadi hal yang tidak diinginkan seperti kesalahpahaman, pertengkaran dan perselisihan. 

Kesalahpahaman komunikasi tidak terhindarkan karena gangguan lingkungan atau ketidakfokusan dalam menyimak. Halda berharap anak dapat menyampaikan aspirasi dengan baik dan jelas serta beretika karena pembangunan yang layak anak dapat dimulai dari Forum Anak melalui partisipasi mereka dalam pembangunan. 

Diakuinya, forum anak menjadi bukti mampu membentuk  generasi emas yang dimaksimalkan potensi diri di tengah tantangan pembangunan. "Kehadiran Forum Anak menjadi penting ketika mereka mulai berani menyuarakan pendapat, keinginan dan kebutuhan dirinya," ungkapnya. (yans/sul/humasprovkaltim)

Berita Terkait