Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kaltim 2020, Jaring Aspirasi Menuju Kaltim Berdaulat

Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kaltim 2020, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan (Foto :Jaya/HumasprovKaltim)

BALIKPAPAN – Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) 2020 merupakan pelaksanaan tahun kedua rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) Kaltim 2018-2023. Karena itu, melalui penyusunan dokumen RKPD ini harus dapat merespon dan menjawab permasalahan pembangunan yang belum diselesaikan pada 2019.

Hal itu disampaikan Pelaksana Tugas Sekprov Kaltim Dr Hj Meiliana saat membuka Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kaltim 2020, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Selasa (5/3/2019). "Forum harus dapat mempertajam dokumen RKPD kita. Sehingga arah program dengan visi dan misi menuju Kaltim Berdaulat betul-betul terwujud," kata Meiliana saat membuka

Selain itu, forum merumuskan penurunan pengangguran serta peningkatan kualitas sumber daya manusia. Apalagi, SDM yang kini dihadapkan dengan berbagai tantangan global melalui perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih dan cepat.

Maka diperlukan SDM yang memiliki inovasi dan beradaptasi dengan perubahan dengan memanfaatkan teknologi didukung infrastruktur memadai guna mendorong nilai tambah dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. "SDM merupakan kunci dalam persaingan global. Bagaimana upaya kita menciptakan yang berkualitas, terampil serta berdaya saing," jelasnya.

Meiliana sepakat jika pembangunan 2020 di Kaltim lebih memprioritaskan program pengembangan pendidikan, vokasi dan kejuruan berbasis teknologi.

Sementara Kepala Bappeda Kaltim H Zairin Zain mengemukakan sasaran yang dapat dicapai agar pemerintah daerah mampu meningkatkan pertumbuhan Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan mendapatkan Dana Perimbangan. "Artinya jika program itu jelas dalam dokumen RKPD. Kita yakin bantuan pusat dapat diterima," jelasnya.

Forum dihadiri Asisten Bidang Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setprov Kaltim H Ichwansyah, Kepala Bappeda Kaltim H Zairin Zain dan seluruh Kepala OPD di lingkungan Pemprov Kaltim. Juga Ketua Komisi III DPRD Kaltim Agus Suwandi, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub dan sejumlah akademisi di Kaltim.

Tampak pula tokoh masyarakat Kaltim H Djafar Siddiq, Tim Penyelaras Kaltim Berdaulat serta perwakilan Bappeda kabupaten/kota se-Kaltim.(jay/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait
Government Public Relation