Forum Konsultasi Publik RKPD 2020 Kaltim, Kabupaten/Kota Diminta Fokus Pengembangan Wilayah


BALIKPAPAN - Dalam forum konsultasi publik rancangan awal Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) menuntut kabupaten dan kota fokus pengembangan wilayah masing-masing. Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kaltim H Zairin Zain mengatakan hal itu penting agar potensi yang dimiliki setiap daerah mendapat dukungan pusat.

"Seperti Kutai Kartanegara dengan beberapa danaunya yang cukup luas bisa dikembangkan pariwisata maupun perikanan," kata Zairin Zain ketika pembukaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Provinsi Kaltim 2020, di Hotel Gran Senyiur Balikpapan, Selasa (5/3/2019).

Kutai Timur juga dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Maloy bisa merencanakan pengembangkan kawasan itu. Artinya, potensi apa dikawasan tersebut yang mampu meningkatkan kesejahteraan rakyat, penyerapan tenaga kerja hingga pembangunan industri olahan. "Seluruh daerah bisa merumuskan apa yang bisa diinovasi, sehingga diimplementasikan pada 2020 nanti," jelasnya.

Zairin berharap pembahasan RKPD ini bisa merumuskan upaya peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) dan dana perimbangan pusat ke daerah. Apalagi ujarnya, Gubernur Isran Noor bertekad dana perimbangan bisa ditingkatkan selama kepemimpinannya bersama Wagub Hadi Mulyadi.

"Mari bersama-sama berjuang mewujudkan itu semua. Sehingga visi dan misi menuju Kaltim Berdaulat untuk kesejahteraan rakyat dapat terwujud," harapnya. (jay/her/yans/fat/humasprovkaltim)

Berita Terkait